Helo Indonesia

Lagi Kebakaran Bus Kembali Terjadi di Tol Jombang-Kertosono KM 685, Seperti Apa Nasib Penumpangnya

Senin, 8 Juli 2024 19:20
    Bagikan  
TEBAKAR
tangkapan layar

TEBAKAR - Kondisi bus yang terbakar di ruas tol Jombang-Kertosono, Senin (8/7/2024) pukul 18:30 WIB

HELOINDONESIA.COM - Kebakaran bus kembali terjadi, kali ini terjadi di ruas Jalan Tol Jombang-Kertosono KM 685 wilayah Desa Tembelang, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Senin (8/7/2024) sekitar pukul 18:15 WIB.

Sejumlah pendengar radio Suara Surabaya melaporkan melalui unggahan video yang dikirim di funpage akun e100 facebook.

Menurut para pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan satu unit bus terbakar di ruas tol Jombang arah Kertosono.

Baca juga: Percikan Api Velk Ban Penyebab Kebakaran Bus Pahala Kencana di Tol Jombang Mojokerto KM 705

Bus terbakar di bahu jalan tol sebelah kiri jalan, namun belum diketahui nama dan nomor polisi dari bus yang kini sedang terbakar api tersebut.

Sebagian pendengar suara surabaya melalui pandangan mata mereka melaporkan di area kebakarang sudah terlihat petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.

Namun hingga saat ini seperti apa kondisi penumpang dan awak bus yang terbakar hebat itu, belum diketahui.

Baca juga: Bus Harapan Jaya Tabrak Bak Truk di Tol Jombang-Mojokerto, Kondektur Asal Kediri Tewas

Saat bus terbakar dilaporkan kodisi ruas jalan tol dari Jombang ke arah Kertosono macet, bahkan ada sebuah ambulan yang terjebak kemacetan dan pemadam juga terjebak kemacetan.

Diduga kendaraan yang terjebak kemacetan adalah ambulan yang hendak mengevakuasi korban bus terbakar, begitu juga dengan mobil damkar yang terjebak macet juga untuk memberi bantuan memadamkan api bus yang terbakar itu.

Dilaporkan hingga pukul 19:20 api yang membakar bus sudah berhasil dipadamkan, namun antrean kendaraan yang macet masih mengular cukup panjang.

Baca juga: Lagi, Remaja Bermasa Depan Panjang Meninggal Dilindas Dump Truk di Kutorejo Mojokerto, Sudah Pasti Menghadap Ilahi

Kabar terbaru dari kebakaran di ruas Tol Jombang-Kertosono diketahui adalah bus PO Gunung Harta yang menempuh perjalanan dari Sumenep hen dak ke Jakarta.

Menurut AKP Yudiono, Kanit PJR Jatim 3 Polda Jatim mengungkapkan kebakaran sudah diketahui sejak awal sehingga para penupang sudah dievakuasi terlebih dahulu.

Baca juga: Bus Harapan Jaya Tabrak Bak Truk di Tol Jombang-Mojokerto, Kondektur Asal Kediri Tewas

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun bus yang membawa 32 penumpang dan 3 awak bus terbakar seluruhnya dan nyaris meninggalkan kerangka besi saja.

Sementara penyebab terjadinya kebakaran diduga akibat korsleting listrik di bagian mesin bus, hingga terjadi percikan api dan kemudian membakar seluruh bagian bus.

Pengemudi bus Tri Winarso (46) warga Bekasi, Jawa Barat sudah merasakan terjadinya kebakaran di bagian mesin bus yang dikemudikan itu, kemudian memberhentikan bus bagian bahu jalan sebelah kiri.

Bus kemudian berhenti dan para penumpang segera dievakuasi untuk turun dari bus yang gagal membawanya ke tujuan Jakarta itu.**