Helo Indonesia

Polusi Udara Jakarta Sudah di Atas Ambang Batas Sehat, Perlu Penyelamatan Dengan Menanam Pohon

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 27 Juni 2024 16:07
    Bagikan  
Menanam Pohon
heloindonesia

Menanam Pohon - Polda Metro Jaya melakukan penanaman pohon dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara ke-78.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Bumi makin panas, perlu diselamatkan dengan upaya terus-menerus menanam pohon. Kepolisian Daerah (Polda) bergabung dengan masyarakat dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke -78, Polda Metro Jaya melaksanakan penanaman 10.000 pohon buah. Selain itu, pemberian beasiswa kepada anak asuh siswa SD, SMP, SMK. Acara berlangsung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan, pada Kamis (27/6/2024).

Kegiatan yang diinisiasi Kapolda Metro Jaya Irjen  Karyoto tersebut, adalah merupakan upaya nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dalam menjaga kelestarian bumi dan ketahanan pangan.

"Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi Peduli Penghijauan. Kita tanam secara simbolis sebanyak 100 pohon di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan kemudian 10.000 pohon lainnya ditanam di 10 wilayah Polres Jajaran Polda Metro Jaya, masing-masing wilayah menanam 1.000 pohon," ujar Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo kepada wartawan di Jakarta. 

Baca juga: 7 Operator Kasus Korupsi Jaringan Internet Desa Diperiksa 

Penanaman pohon, menurut Langgeng memiliki banyak manfaat seperti ketahanan pangan, mengatasi masalah banjir, serta mengurangi ancaman pemanasan global. Juga, menambah produksi oksigen, serta lebih khususnya, dapat menurunkan kadar polusi udara di sekitar wilayah DKI Jakarta dan sekitaranya yang telah melampaui ambang batas sehat.

"Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan," ujarnya.

Ia berharap, penanaman 10.000 pohon yang tersebar di 10 lokasi wilayah hukum Polda Metro Jaya ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Selanjutnya diakhir acara Langgeng memberikan beasiswa kepada 3 Anak Asuh Polda Metro Jaya dari siswa SD, SMP dan SMK yang berprestasi.

Baca juga: Tingkat Kebocoran PAM Jaya Terparah di Dunia. Perlu dana fantastis Rp 6,3 Triliun Buat Perbaikan

Acara dihadiri Wakapolres Metro Jakarta Selatan, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutang Kota Jakarta serta Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan.