Helo Indonesia

Kok Bisa Bus Asnya Lepas, Seruduk Pengendara Motor Hingga Berhenti Tabrak Pos JPL Mangkrengan di Pasuruan

Rabu, 12 Juni 2024 13:44
    Bagikan  
AS LEPAS
dokumen polres pasuruan kota

AS LEPAS - Bus Jawa Indah jurusan Surabaya-Jember menabrak pos JPL di Grati, Pasuruan hingga nyaris roboh, Rabu (12/6/2024) pukul 09:30 WIB.

HELOINDONESIA.COM - Tentu kurang ketelitian dari pemilik bus yang mungkin tidak pernah mengontrol kondisi dan usia spare part kendaraannya, hingga bus ini asnya lepas hingga tak terkendali.

Hal ini di alami Bus PO Jawa Indah yang menabrak pengendara sepeda motor, kemudian bus melaju tak terkendali dan menabrak Pos JPL 150 Pasuruan.

Bus baru benhenti setelam menghantam pos JPL 150 di Jalan Raya Mangkrengan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (12/6/2024) pagi pukul 09:30 WIB.

Baca juga: Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan Potensial Pengembangan Varietas Unggul Kacang Hijau

Akibat benturan keras itu kondisi pos JPL 150 mengalami rusak berat, hingga nyaris roboh bagian atap sudah berantakan dan hampir saja merobohkan tiang telepon dan CCTV.

Sementara pengendara sepeda motor yang terseruduk bus PO Jawa Indah juga mengalami luka parah, diketahui bernama Samsul Muarif (58) warga Sumberagung, Grati, Kabupaten pasuruan.

Saat itu Samsul mengendarai sepeda motor W 2188 YL, sementara Bus PO Jawa Indah P 7041 UL melaju dari arah barat ke arah timur di Jalan Raya Mangkrengan.

Baca juga: Persibo Bojonegoro dan Persikabpas Pasuruan Dengan Bangga Melaju ke Babak 8 Besar Liga 3 Nasional, ini Jadwal Mainnya

Namun sesampai di perlintasan KA Sebidang, tiba-tiba bus mengarah secara mendadak ke kanan, diketahui bus mendadak nyelonong karena as depannya lepas, sehingga bus lari tak terkendali.

Kemudian dari arah yang berlawanan Sumbul mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang, samsul tidak mengira jika bus tiba-tiba berbelok mengarah ke dirinya yang ada di depan bus.

Sambul yang mengendarai sepeda motor dari arah berlawanan tak mampu menghindar dari terjangan bus yang berbelok tiba-tiba, hingga menabraknya.

Baca juga: Terobos Palang Pintu Daihatsu Terrios Hancur Tertabrak KA Wijaya Kusuma di Beji Pasuruan

Setelah menabrak pengendara sepeda motor, Samsul bus masih tetap melaju hingga akhirnya berhenti setelah menabrak pos JPL 150 yang berada di kanan jalan.

Pengendara bus Jawa Indah Subagio (61) warga kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo hanya mengalami luka-luka ringan namun bagian depan bus rusak berat.

Sementara pengedara sepeda motor Sambul mengalami luka-luka bagian kepala sisi depan dan belakang, lecet di bagian kaki dan langsung dilarikan ke RSUD Grati, Kabupaten Pasuruan.

Baca juga: Diduga Sedang Belajar Nyetir Mobil, Toyota Innova yang Dikemudikan Badriya Kecemplung Jurang Galian C di Ngoro Pasuruan

Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota, AKP Agus Prayitno mengatakan petugas kepolisian telah melakukan olah TKP dan memeriksa para saksi atas kejadian itu.

Begitu juga dengan para korban yang mengalami luka-luka saat itu juga langsung dievakuasi dan dilarikan ke RSUD Grati, sementara sepeda motor dan bus diamankan di Pos Lantas Pasuruan Kota. **