Helo Indonesia

Terobos Palang Pintu Daihatsu Terrios Hancur Tertabrak KA Wijaya Kusuma di Beji Pasuruan

Minggu, 26 Mei 2024 12:41
    Bagikan  
RINGSEK
tangkapan layar

RINGSEK - Mobil Terrios ringsek setelah tetabrak KA Wijaya Kusuma jurusan Surabaya-Ketapang di perlintasan Beji, Kabupaten Pasuruan, Minggu (26/5/2024) dini hari 00:38 WIB.

HELOINDONESIA.COM - Sebuah mobil Daihatsu Terrios yang diduga menyerobot palang pintu di Desa Beji, Kabupaten Pasuruan tertabrak KA Wijaya Kusuma jurusan Gubeng Surabaya-Ketapang Banyuwangi, Minggu (26/5/2024) pukul 00:38 WIB.

Akibat kecelakaan itu seorang tewas di tempat kejadian setelah terlempar keluar dari mobilnya yang ditabrak keras KA Wijaya Kusuma.

Korban meninggal diketahui Wiwik Santoso (27) warga Bandarasri, Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang diduga sendirian mengemudi mobilnya itu.

Baca juga: Kepala Truk Hancur Disambar KA Jayabaya di Beji Pasuruan, Beruntung Sopir Tak Sampai Meninggal Dunia

Seorang saksi mata bernama Sofyan mengatakan jika saat terjadi kecelakaan dirinya berada di sebenrang kejadian di perlintasan KA Beji.

"Saya tadi tuh pas pulang kerja berhenti, saya dari arah barat juga berhenti diperlintasan itu," kata Sofyan dalam rekaman video akun 20D, Minggu (26/5/2024).

Sofyan menjelaskan para pengendara lain berhenti di perlintasan, karena memang ada KA yang mau lewat yakni KA malam Wijaya Kusuma jurusan Gubeng Surabaya menuju Ketapang, Banyuwangi.

Baca juga: Diduga Sedang Belajar Nyetir Mobil, Toyota Innova yang Dikemudikan Badriya Kecemplung Jurang Galian C di Ngoro Pasuruan

Dikatakan, KA Wijaya meluncur dari arah Barat Surabaya ke arah Timur Ketapang Banyuwang, sementara mobil Terios warna Putih N 1168 TX meluncur dari selatan ke arah utara.

Namun mobil itu terus saja berjalan menuju uatara hendak menyeberang rel KA, tidak memperhatikan rambu-rambu dan tidak melihat orang-orang pengguna jalan lainnya sudah berhenti terlebih dahulu.

Mobil Terrios itu terus saja meluncur dan nyerobot menyeberang ke ara utara jalan melewati perlintasan KA, dari arah samping meluncur KA Wijaya Kusuma, dengan kecepatan tinggi, hingga terjadi benturan keras.

Baca juga: Lima Tim Jatim Menang Laga Perdana Liga 3 Putaran Nasional, Pasuruan United Bermain Imbang

"Terus itu ada kereta dari arah barat. La itu ada mobil dari selatan mau nyeberang ke arah utara. Dia tidak memperhatikan rambu, banyak orang sudah teriak, dan dia nyerobot saja, terus kena kereta itu," kata Sobya polos.

Akibat benturan keras yang menabrak dari samping mobil terseret hingga 20 meter sementara pengemudi mobil terlempar keluar hingga meninggali di tempat kejadian.

Sementara kondisi mobil hancur, sebelum mobil tertabrak beberapa sudah berteriak memperingatkan pengemudi mobil itu, namun tak didegar.

Baca juga: Pesta Durian Kronto Pasuruan, Ribuan Durian Dibagikan Gratis, Jadi Rebutan Warga

Usai terjadinya kecelakaan itu kemudian petugas Polsek Beji langsung melakukan olah TKP dan mengevakuasi jasad korban dan bangkai mobil.

Sementara jazad korban dievakuasi ke RS Pusdik Brimob Watukosek sementara KA Wijaya Kusuma melanjutkan perjalanan menuju Ketapang Banyuwangi.

\

Baca juga: Kecalakaan Adu Banteng Bus Peziarah vs Dump Truk, 5 Peziarah Tewas Berasal dari Satu Kampung di Pasuruan

Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan KA Wijaya kusuma berhenti luar biasa (BLB) untuk melakukan pemeriksaan lokomotif dan rangkaian gerbong.

Namun setelah kereta aman, kemudian sekitar pukul 00:44 KA Wijaya Kusuma kembali meneruskan perjalanannya menuju Ketapang, Banyuwangi. **