Helo Indonesia

Posyandu Ngudi Lestari 1 Desa Grawan Rembang Wakili Jateng ke Lomba ILP Tingkat Nasional

Selasa, 11 Juni 2024 15:48
    Bagikan  
Posyandu Ngudi Lestari 1 Desa Grawan Rembang Wakili Jateng ke Lomba ILP Tingkat Nasional

Aktivitas pelayanan di Posyandu Lestari 1 Desa Grawan Kabupaten Rembang

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Posyandu Ngudi Lestari 1 Desa Grawan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang berhasil menjadi juara 1 lomba implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024. 

Hasil tersebut mengantarkan Posyandu itu maju ke ajang yang sama di tingkat nasional pada bulan Juli mendatang.

Baca juga: Budayakan Manajemen Waktu, FTIK USM Persiapkan UAS Berbasis Timeline Kerja

Kepala Dinas Kesehatan Rembang dr Ali Syofi'i MM kepada media Senin 10 Juni 2024 menjelaskan, ada beberapa tahap penilaian yang telah dilalui dalam penilaian posyandu berprestasi tersebut yaitu seleksi administrasi, seleksi paparan melalui daring, dan visitasi tim penilai Provinsi Jawa Tengah ke posyandu yang menjadi 3 besar.

"Ada tiga inovasi yang diterapkan di posyandu tersebut yaitu Forum Kesehatan Desa dalam Rumah Desa Sehat (FKD dalam RDS ) , TELPONI (Temokno Laporno Openi) , dan GERDU GRAWAN (Gerak Cepat Kader Posyandu Grawan), " ungkapnya.

Inovasi Gerdu Grawan diinisiasi pada awal Tahun 2022 bersamaan dengan inovasi strategi pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di Kabupaten Rembang yaitu FKD dalam RDS (Forum Kesehatan Desa dalam Rumah Desa Sehat),  yang saat itu diawali dengan Pelantikan Ketua FKD dalam RDS serentak se-Kabupaten Rembang tanggal 2 sampai 3 Februari 2022.
Inovasi Gerdu Grawan muncul untuk memperkuat inovasi FKD dalam RDS yang ada di Kabupaten Rembang.

Inovasi TELPONI

Pada Tahun 2022 di Kabupaten Rembang terdapat permasalahan kesehatan yaitu tingginya kasus Kematian Ibu, bayi, dan balita. Inovasi TELPONI hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Gerdu Grawan pada era TELPONI adalah melakukan pembagian wilayah binaan kader sesuai sasaran inovasi TELPONI yaitu ibu hamil, bayi, dan balita.

Baca juga: Ditempa di Boyolali, Balap Sepeda Jateng Kejar Target 5 Emas PON 2024

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Rembang, drg Dini Nuraida menambahkan, implementasi ILP di Posyandu Ngudi Lestari 1 dimulai pada bulan Oktober 2023 yang juga dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Rembang.

Permasalahan Posyandu Ngudi Lestari 1 pada awal pelaksanaan ILP adalah rendahnya jumlah kunjungan sasaran per siklus hidup pada hari buka posyandu.

Melihat probematika tersebut, muncullah strategi Inovasi Gerdu Grawan dalam meningkatkan jumlah kunjungan Posyandu ILP Ngudi Lestari 1 yaitu pertama melakukan pembagian tanggung jawab kader berdasarkan keluarga binaan sesuai jumlah KK dalam memudahkan kunjungan rumah.
Yang kedua, membuka layanan posyandu ILP pada pertemuan kegiatan di tingkat RT seperti arisan, pengajian, pertemuan kelompok tani, dan lain-lain untuk meningkatkan kunjungan posyandu terutama sasaran usia dewasa.

"Sebelum hari pelayanan posyandu kita sudah punya data target, mulai bayi, balita, dan ibu hamil yang harus datang, juga ada  sasaran  anak remaja, usia dewasa dan lansia satu tahun satu kali minimal harus diskrining. Nah dari target sasaran itu ketahuan yang tidak bisa hadir siapa, maka kami kunjungi, " ujarnya.

Baca juga: Jadwal Tanggal Merah dan Cuti Bersama Idul Adha 2024, Menurut Kemenag

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di RT/RW/Dusun yang menyasar semua siklus hidup mulai dari ibu hamil/nifas, bayi/balita/anak pra sekolah, anak sekolah/remaja, usia dewasa, sampai lansia. 

Pelayanan Posyandu terdiri dari 5 langkah yaitu Langkah 1 (pendaftaran), Langkah 2 (penimbangan dan pengukuran), Langkah 3 (pencatatan), Langkah 4 (Pelayanan Kesehatan), dan Langkah 5 (Penyuluhan Kesehatan). (Aji)