Helo Indonesia

Dosen USM Berikan Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UMKM di Karanganyar Gunung

Kamis, 6 Juni 2024 05:30
    Bagikan  
Dosen USM Berikan Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UMKM di Karanganyar Gunung

Tim dosen USM saat memberikan pelatihan pengembangan usaha bagi UMKM di Karanganyar Gunung Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kemampuan Teknologi Pemasaran Online bagi pelaku UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung di Balai Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, baru-baru ini.

Dosen USM yang masuk dalam tim pengabdian masyarakat ini terdiri atas Ketua Johanis Souisa SE MM, anggota Dwi Widi Pratito SE MM dan Lauren Istianawati SE MM.

Baca juga: Danur Rispriyanto Kembali Manajeri Tim Futsal Jateng di Porwanas 2024

Kegiatan dihadiri antara lain Lurah Kelurahan Karanganyar Gunung, Nurhayati Budi Wahyuningtyas SSos MAP, Ketua UMKM Sasa dan pengurus serta anggota UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung.

Johanis mengatakan, tujuan kegiatan memberikan pemahaman tentang pemasaran online dengan menggunakan OLX.

''Kami berharap, dengan diadakan pelatihan maka masyarakat khususnya pelaku UMKM Karanganyar Gunung dapat dengan mudah menggunakan OLX sebagai sarana pemasarannya yang berkontribusi bagi perkembangan usaha mereka,'' katanya.

Jangkau Lebih Banyak

Menurut Johanis, dengan menggunakan pemasaran online, produk tidak hanya bisa dibeli oleh orang-orang yang berada dekat dengan bisnis tersebut saja. Publik yang berada di luar daerah juga bisa mengetahui keberadaan produk tersebut dan membelinya lewat internet.

Baca juga: Cabor Biliar Janjikan Tiga Emas untuk Kontingen PON Jateng, Willy: Target Realistis

''Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur,'' ujarnya.

Dia mengatakan, pemasaran digital juga memudahkan bisnis untuk mengikuti perkembangan pemasaran dengan mengamati reaksi konsumen.

Selain itu terdapat berbagai macam cara untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang mereka butuhkan tentang suatu produk yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli.

''Manfaat digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien. Saat ini, ponsel dan akun media sosial hampir tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pemasaran digital, bisa langsung menjangkau ratusan dan bahkan ribuan orang dalam sehari,'' pungkasnya. (Aji)