Helo Indonesia

Dosen Pariwisata USM Latih Kecakapan Bahasa Inggris ke Anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi

Sabtu, 13 Mei 2023 15:32
    Bagikan  
Dosen Pariwisata USM Latih Kecakapan Bahasa Inggris ke Anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi

Tim PkM Progdi USM berpose bersama anggota Pokdarwis Jungsemi

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang meliputi dosen progdi Pariwisata memberikan Pelatihan Kecakapan Berbahasa Inggris kepada anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada 12 Mei 2023 di di Kantor Pantai Indah Kemangi Lantai 2.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Desika Nur Jannah dan anggota Qurinta Shinta, Herman Novry KP. Kegiatan dibiayai Universitas Semarang (USM) itu diikuti 15 anggota Pokdarwis (kelompok sadar wisata).

Menurut Desika, tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman pentingnya Bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing. Selain itu juga memberikan pendampingan dalam mempromosikan daerah desa wisata.

''Selama ini anggota Pokdarwis memiliki kendala dalam Bahasa Inggris, terutama jika komunikasi dengan wisatawan asing. Akibatnya, jumlah wisatawan asing yang datang ke Desa Wisaya Jungsmi rendah. Kami memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mereka agar memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris,'' kata Desika.

Desika mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara luring (tatap muka). Hal ini dimaksudkan agar anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi dapat menangkap langsung materi yang disampaikan oleh narasumber.


Minimalkan Ketidakpahaman


Selain itu juga untuk meminimalisasi ketidakpahaman dari mereka terutama dalam pengucapan dan intonasi Bahasa Inggris yang benar.

''Mereka juga bisa bertanya langsung dengan narasumber sehingga lebih jelas dalam menerima materi. Kami berharap,mereka lebih cepat paham,'' ungkapnya.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi, Sulton mengatakan, pihaknya sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan para dosen Pariwisata USM sangat bermanfaat bagi anggota Pokdarwis yang sehari-hari membantu menjadi pemandu wisata.

''Kami berharap, kegiatan serupa diselenggarakan lagi agar anggota Pokdarwis mahir dalam berbahasa Inggris. Kami memang mengalami kendala dalam berbahasa Inggris,'' ungkap Sulton. (Aji)