Helo Indonesia

Desa Sendangasri Rembang Berjaya di Jambore Pokdarwis Tingkat Jateng

Senin, 20 Mei 2024 19:30
    Bagikan  
Desa Sendangasri Rembang Berjaya di Jambore Pokdarwis Tingkat Jateng

Tim Pokdarwis Desa Sendangasri berpose dengan trofi dan hadiah usai menjuarai Jambore Pokdarwis se-Jateng

KUDUS, HELOINDONESIA.COM - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Praba Mandira Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, sukses menyabet double winner dalam ajang Jambore Pokdarwis tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2024 yang digelar di Kudus pada 17-19 Mei 2024.

Sedangkan juara kedua diraih Svarna Gatra Salatiga. Juara ketiga ditempati Kampoeng Djadhoel, Kota Semarang. Pokdarwis Praba Mandira Rembang juga menyabet penghargaan untuk kategori Gelar Produk terbaik pertama.

Baca juga: Prodi Pariwisata USM Adakan Praktikum Lapangan di Karimunjawa

Sedangkan Gelar Produk terbaik kedua diraih Pokdarwis Ngidam Muncar Kabupaten Semarang. Lalu Gelar Produk terbaik ketiga ditempati Pesona Kalisalak, Banyumas.

Selama tiga hari berlomba, para peserta mengikuti tes tertulis, studi kasus, aksi tanggap Sapta Pesona, sarasehan, seni pertunjukan, paparan profil, program kerja dan gelar produk. Semua peserta menunjukkan kekompakan dan semangat yang luar biasa untuk mengawal kemajuan pariwisata di Jawa Tengah.

Diikuti 35 kabupaten/kota

Kepala DInas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang, Mutaqin, Senin (20/5) menyampaikan perlombaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng itu diikuti oleh 35 kabupaten/kota.

Baca juga: Pemkot Semarang Fasilitasi Peneliti dan Periset, Wali Kota Resmikan Co-Working Space

Disebutkannya, Jambore Pokdarwis memperlombakan kategori kemampuan Pokdarwis dan gelar produk. Berdasarkan hasil penjurian, perwakilan Kabupaten Rembang berhasil keluar sebagai juara 1 dalam 2 kategori tersebut.

Mutaqin menambahkan gelar produk menampilkan stan pameran yang terdiri dari berbagai unsur yang dimiliki Pokdarwis Praba Mandira. Seperti keterampilan membuat kerajinan dari limbah batu bara dan batik dari Desa Sendangasri.

Baca juga: Daftar ke NasDem, WS Basuki Optimistis Kantongi Rekom dari Sejumlah Partai Besar di Kendal

“Untuk paparan kemudian cerdas cermat teman-teman dari pokdarwis Praba Mandira Desa Sendangasri ini tampil terbaik dan gelar produknya juga yang terbaik. Maka dari itu pokdarwis Praba Mandira keluar sebagai juara umum, juara pertama kemampuan pokdarwis dan juara 1 gelar produk,” bebernya.

Dirinya mengungkapkan, sebagai jawara pada lomba Pokdarwis se-Jateng, Pokdarwis Praba Mandira Desa Sendangasri kini menjadi salah satu sasaran studi banding untuk daerah lain. Selain itu juga menjadi rekomendasi destinasi wisata edukasi bagi wisatawan. (Aji)