Helo Indonesia

Prodi Pariwisata USM Adakan Praktikum Lapangan di Karimunjawa

Senin, 20 Mei 2024 19:12
    Bagikan  
Prodi Pariwisata USM Adakan Praktikum Lapangan di Karimunjawa

Para mahasiswa Prodi S1 Pariwisata USM saat praktikum lapangan di Karimunjawa Jepara

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Program studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan Praktikum Lapangan di Pulau Karimunjawa, Jepara, pada 17-19 Mei 2024.

Kaprodi S1 Pariwisata USM, Herman Novry Kristiansen Paninggrian SE MMPar mengatakan, pemilihan destinasi tersebut karena Karimunjawa nemiliki keindahan alam bawah laut yang tidak diragukan lagi.

Praktikum ini merepresentasikan berbagai mata kuliah antara lain wisata bahari, desain audio dan visual pariwisata, perencanaan perjalanan wisata, manajemen pariwisata berkelanjutan dan teknik pemanduan wisata.

Baca juga: Mahasiswa USM Sabet Penghargaan Nasional Lagi, Kali Ini dari Fakultas Psikologi

''Ini menjadi kegiatan yang positif. Sekali praktikum bisa merangkum beberapa mata kuliah. Juga ini menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa untuk mempraktekkan teori yang di dapat selama di kelas,'' tutur Herman, dalam keterangannya Senin 20 Mei 2024.

Dia mengatakan, data yang diambil mengambil tema penilaian objek daya tarik wisata pada 2 objek wisata yaitu Tracking Mangrove dan Pulau Cemara Besar.

''Saya mengajak mahasiswa untuk mengambil data lapangan di Karimunjawa. Sekaligus mereka juga belajar bagaimana menyusun rencana perajalan wisata ke sana, menjadi pemandu, dan membuat video promosi. Dengan praktikum ini, saya berharap mereka akan mendapat pengalaman lebih tentang kegiatan yang ada di dunia pariwisata,'' kata Koordinator Praktikum Lapangan, Muchammad Satrio Wibowo, S.Kel., MSc.

32 Mahasiswa

Kegiatan ini diikuti 32 mahasiswa dan 2 dosen pendamping. Selain 2 objek di atas, peserta juga mengunjungi Bukit Love, Pantai Sunset Beach, Penangkaran Hiu, Pantai Tanjung Gelam, dan spot snorkeling di perairan Pulau Menjangan Kecil.

Baca juga: Tim USM Beri Pendampingan Manajemen Strategi Bisnis Bagi Pelaku UMKM

''Belajar sambil jalan-jalan ke Karimunjawa itu seru banget. Meskipun hanya 3 hari banyak kegiatan yang dilakukan dan mendapat pengalaman baru yang pertama kali saya dapatkan" ujar peserta praktikum, Audrey Firliana Ahmar.

Hal senada dikatakan peserta lain, Figo Dhani. Menurutnya, dia baru pertama kali ke Karimunjawa. Hal ini menjadi pengalaman menarik, apalagi ditambah belajar bareng teman-teman, dan didampingi oleh dosen.

''Jadi pengalaman yang menyenangkan. Jadi modal juga kalau next ke Karimunjawa sudah mengetahui mau kemana dan kegiatan apa aja yang bisa dilakukan,'' ungkapnya. (Aji)