Helo Indonesia

Tim USM Beri Pendampingan Manajemen Strategi Bisnis Bagi Pelaku UMKM

Senin, 20 Mei 2024 07:39
    Bagikan  
Tim USM Beri Pendampingan Manajemen Strategi Bisnis Bagi Pelaku UMKM

Tim pengabdian masyarakat USM saat mendamping pelaku UMKM di Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan pendampingan Penerapan Manajemen Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Usaha pada pelaku UMKM Buket dan Selempang Asagift.id di Jalan Lamper Tengah VIII No.9 Semarang pada Minggu, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Widiyanti SE MM anggota Ratna Tunjungsari SE MSI. dan Agus Prasetyo SE MM. Tim dibantu dua mahasiswa Ekonomi Akuntansi USM.

Baca juga: Persiapan PON 2024, Basket Jateng Panggil Tim Pelatih


Ketua Tim PkM USM, Widiyanti mengatakan, pengabdian kepada masyarakat ini menjadi wahana menyampaikan edukasi, pelatihan informasi dan berbagi inspirasi bermanfaat untuk mitra pengabdian.

''Tujuan kegiatan antara lain memberikan pendampingan dan diskusi tentang pentingnya penerapan manajemen strategi bisnis yang mengedepankan tujuan jangka panjang dan menyeralaskan penerapan manajemen strategi untuk meningkatkan kinerja usaha,'' katanya.

Menurutnya, kinerja usaha dapat dilihat dari hasil kerja yang diraih secara keseluruhan serta dibandingkan pada hasil kerja setiap periode dari waktu ke waktu.

Baca juga: KemenKopUKM Latih SDM Perajin Kulit di Garut Melalui Rumah Produksi Bersama 

''Memberikan pendampingan dan pelatihan tentang proses manajemen strategis yang didasarkan pada keyakinan bahwa sebuah bisnis apa pun bidang usahanya mesti secara terus-menerus memonitor berbagai peristiwa dan tren internal serta eksternal. Sehingga perubahan bisa dibuat pada waktu ketika dibutuhkan serta membantu mitra PkM dalam menggali lebih mendalam potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kinerja usaha dengan pemberian edukasi,'' ujarnya.

Beradaptasi

Menurutnya, UMKM harus mampu beradaptasi dan responsif terhadap perubahan pasar dan teknologi, aktif mengembangkan produk-produk mereka dan selalu berinovasi dengan lebih baik dari pesaing, mencari modal dengan kreatif.

Selain itu juga mengembangkan jaringan bisnis, dan berupaya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan usahanya.

''Bisnis yang syarat persaingan, harus mampu memicu para pelaku usaha untuk berani tampil beda dan memiliki strategi dalam mengadopsi berbagai perubahan internal maupun eksternal,'' ungkapnya.

Baca juga: Head to Head Madura United Lebih Unggul dari Persib, Siapa Juara Liga 1 Indonesia 2024

Dia menambahkan, manajemen strategi bisnis memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, mengidentifikasi peluang baru, dan merespons ancaman yang mungkin dihadapi.

''Dengan begitu memungkinkan diambilnya keputusan yang efektif dalam kondisi ketidakpastian yang melingkupi dan sanggup meningkatkan kinerja usaha yang merupakan kemampuan kerja atau hasil pekerjaan yang memiliki hubungan erat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan memberi kontribusi pada keberhasilan usaha,'' ungkapnya. (Aji)