Helo Indonesia

Persiapan PON 2024, Basket Jateng Panggil Tim Pelatih

Ajie - Olahraga
Senin, 20 Mei 2024 07:00
    Bagikan  
Persiapan PON 2024, Basket Jateng Panggil Tim Pelatih

David Song

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jateng akan segera melakukan pertemuan dengan tim pelatih. Pemanggilan pelatih tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang.

Manajer Tim Baket PON Jateng, David Song mengatakan, pihaknya perlu bertemu dengan tim pelatih untuk membahas penyusunan program latihan. Dikatakan David, saat ini pihaknya memang belum resmi memanggil para atlet yang akan dipersiapkan tampil pada PON yang akan berlangsung pada 8-20 September mendatang.

Baca juga: Voli Proliga: Tim Putri Petrokimia Kembali Tumbang di Kandang Sendiri, Pelatih Kecewa

"Saat ini beberapa atlet masih ada yang berkompetisi di IBL, sekolah dan beberapa menjalani rehabilitasi akibat cedera. Setelah bertemu tim pelatih, kami akan segera mengumumkan program latihan," kata David Song di Semarang, Minggu 19 Mei 2024.

Dari empat nomor yang dipertandingkan pada PON mendatang, berdasarkan hasil kualifikasi PON 2024 lalu, Jateng hanya ambil bagian di tiga nomor yakni 5x5 putra/putri dan 3x3 putra. Jateng gagal lolos di nomor 3x3 putri.

Soal Batas Usia

Tim pelatih basket Jateng terdiri dari Efri Meldi yang akan menangani tim basket 5x5 putra, Deny Sartika (5x5 putri) serta Daniel Tedjo Saputro yang akan membesut tim 3x3 putra. Untuk diketahui, cabang olahraga basket pada PON 2024 mendatang menggunakan batas usia U-22. Jadi pemain paling tua adalah kelahiran 2002.

Baca juga: Head to Head Madura United Lebih Unggul dari Persib, Siapa Juara Liga 1 Indonesia 2024

David memperkirakan, komposisi tim tidak banyak berubah saat tampil pada PraPON lalu. Namun demikian, pihaknya memberikan keleluasaan kepada tim pelatih untuk menyusun komposisi terbaik.
Saat ini tercatat ada 25 atlet putra dan 17 atlet putri yang telah masuk radar Perbasi Jateng. Mereka nantinya akan menjalani seleksi sebelum akhirnya ditetapkan sebagai anggota tim basket Jateng dan menjalani pemusatan latihan.

Disinggung soal target, David menyebut pihaknya menargetkan podium baik tim putra maupun putri pada PON mendatang. "Syukur-syukur bisa menjadi yang terbaik," ucapnya.
PON 2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumut tersebut. Sebanyak 28 cabang olahraga digelar di Sumut dan 28 cabang olahraga lainnya di Aceh. (Aji)