Helo Indonesia

Makam Mahasiswi Dibongkar secara Misterius, Warga Binangun Purbalingga Heboh

Senin, 20 Mei 2024 14:33
    Bagikan  
Makam Mahasiswi Dibongkar secara Misterius, Warga Binangun Purbalingga Heboh

Makam salah satu warga Desa Binangun di Kabupaten Purbalingga yang dibongkar secara misterius. Foto :Dok Warga

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Warga Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dihebohkan dengan beredaranya kabari tentang dibongkarnya makam salah satu warganya berstatus mahasiswi pada Senin pagi 20 Mei 2024.

Pelaku pembongkaran dan apa motif di balik itu hingga kini masih misterius.
Kepala Desa Binangun Maksum ketika membenarkan mengenai adanya pembongkaran makam salah satu warganya tersebut. Dijelaskan dia, yang dibongkar adalah makam warga berinisial EF (20) yang meninggal dan dimakamkan pada Minggu (20/5/2024).

Baca juga: Empat Petinju Masuk Tim PON Jateng, Pelatih Bakal Genjot Explosive Power Selama Pelatda

''Tadi pagi kami menerima laporan bahwa makam EF yang berada di pemakaman umum di RT 3 / RW 2 tersebut sudah rusak dan terbuka,” ujarnya.

Atas adanya peristiwa itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian dari Polsek Mrebet untuk melakukan pengecekan. Setelah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) diketahui bahwa makam tersebut sudah dibongkar dan dilubangi sedalam satu meter.

“Namun jenazah masih berada di liang lahat. Sempat awalnya warga menduga ada pencurian mayat. Setelah dicek hanya pembongkaran makam saja. Jenazah masih ada,” ungkapnya.

Baca juga: Persiapan PON 2024, Basket Jateng Panggil Tim Pelatih

Dijelaskan dia, EF merupakan warga setempat yang sempat mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Almarhumah sebelumnya mengalami sakit dan sempat dirawat di rumah sakit.


Namun beberapa hari terakhir dia berada di rumah hingga meninggal. “Pelaku pembongkaran makam masih diselidiki termasuk apa motifnya,” imbuhnya.


Sementara itu, Polres Purbalingga bersama Polsek Mrebet melakukan penyelidikan pembongkaran makam mahasiswi secara misterius tersebut. Pihak kepolisian masih mengusut, siapa pelaku dan motif di balik pembongkaran makam tersebut.

Kapolsek Purbalingga AKP Muslimun mengatakan, setelah pengecekan jenazah di makam kondisinya masih utuh termasuk tali kafannya. Pihaknya ikut berbelasungkawa dan merasa prihatin, dengan adanya kasus pembongkaran makam itu.

“Siapa pelaku dan apa motifnya, masih kami dalami dan selidiki,” imbuhnya. (Aji)