Helo Indonesia

Tim Prodi Akuntansi USM Beri Pelatihan Laporan Keuangan ke Peternak Kambing

Minggu, 19 Mei 2024 20:54
    Bagikan  
Tim Prodi Akuntansi USM Beri Pelatihan Laporan Keuangan ke Peternak Kambing

Tim PkM FE Prodi Akuntansi USM saat melakukan pendampingan kepada peternak kambing di Tlogosari Wetan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan Laporan Keuangan Sederhana kepada peternak kambing di wilayah Tlogosari Wetan, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Ani Setyowati SE MSi, anggota Dr Martinus Aditya Pardiyanto SIP MH, dan Shinta Eka Kartika SE MSi Ak.

Baca juga: Arsenal Atau Man City, Jawara Liga Inggris 2023/2024 Ditentukan Malam Nanti !

Ani mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan dan pelatihan di lokasi mitra selama dua minggu sejak April 2024 lalu, yang dibarengi dengan berbagai macam rangkaian kegiatan lain.

''Sebagai salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi kami harus menjalankan kewajiban pengabdian kepada masyarakat, disamping pengajaran dan penelitian. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat, kali ini kami mengambil tema pendampingan dan pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana untuk peternak kambing,'' katanya.

Sangat Penting

Menurut Ani, laporan keuangan itu sangat penting bagi keberlangsungan usaha peternakan. Selama ini pelaku ternak rata-rata hanya menjalankan aktivitas ternak tanpa mencatat atau membukukan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan uang untuk mengembangkan kegiatan ternak yang ditekuni.

''Kita ketahui peternakan di Indonesia memberikan kontribusi kepada perekonomian negara, khususnya pada subsidi ketahanan pangan, pemerataan pendapatan dan penanggulangan kemiskinan. Melalui tambahan protein hewani. Namun semua itu tidak bisa lepas dari sejumlah tantangan, misalnya tidak semua pelaku usaha ternak paham pentingnya mencatat kegiatan ekonomi,'' ujar Ani.

Baca juga: Maksa Nawarin Jasa Ngojek ke Cewek, Pacar Si Cewek Bonyok Dikeroyok Para Ojek Pangkalan Manggarai

Dia berharap, dengan terselenggarakannya kegiatan tersebut, mitra dapat melakukan pembukuan sendiri untuk mengetahui kondisi keuangan dari usaha yang ditekuni mitra dan dapat melakukan proyeksi keuangan untuk usaha ke depan.

Kegiatan mendapat respons positif dari mitra, Mulyati. Sebab, selama ini mitra tidak pernah melakukan pencatatan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas ekonomis.

''Saya merasa terbantu karena diajarkan untuk mengkalkulasi laba atau rugi peternakan domba saya,'' terang Mulyati. (Aji)