bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim FE USM Beri Pelatihan Tingkatkan Penjualan Berbasis Digital pada Produk UMKM Sumurboto

Rabu, 15 Mei 2024 18:55
    Bagikan  
Tim FE USM Beri Pelatihan Tingkatkan Penjualan Berbasis Digital pada Produk UMKM Sumurboto

Tim PkM FE USM saat hadir di Kelurahan Sumurboto untuk memberikan pelatihan marketing UMKM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan pelatihan peningkatan penjualan dan promosi berbasis digital pada produk UMKM di Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Senin 6 Mei 2024.

Tim PkM USM diketuai Adhi Widyakto SE MM, anggota Edy Suryawardana SE MM, Susanto, SE MM serta melibatkan dua Mahasiswi Fakultas Ekonomi USM yaitu Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Baca juga: Mbak Tika, Keluarga Cangkiran Turun Gunung Ikuti Pilkada Kendal

Ketua Tim PkM USM, Adhi Widyakto mengatakan, tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Sumurboto dalam mengatasi lambatnya pemasaran produk di dalam UMKM.

Selain itu juga mengembangkan proses link and match antara perguruan tinggi, UKM, Pemerintah dan masyarakat.

''Kami berharap, dengan mengoptimalkan pemasaran produk melalui pelatihan Pemasaran Digital produk UMKM di Kelurahan Sumurboto hasilnya menjadi meningkat,'' katanya.

Baca juga: Usung Empat Atlet, Tinju Jateng Ingin Lampaui Prestasi PON Papua di PON Aceh-Sumut

Pelaksanaan kegiatan ini yang bertempat di UMKM aula Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Semarang.

''Kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta membuktikan ketertarikan peserta dalam pemasaran suatu produk tersebut. Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,'' ujarnya.

Baca juga: Dukung UMKM Naik Kelas, AirNav Indonesia Hadir di Cilacap Expo



Dalam PKM ini mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema & konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi serta proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk. (Aji)