Helo Indonesia

Spektakuler, 7.857 Perempuan Berkebaya Serentak Seduh Kopi Jepara Pecahkan Rekor Muri

Selasa, 14 Mei 2024 18:10
    Bagikan  
Spektakuler, 7.857 Perempuan Berkebaya Serentak Seduh Kopi Jepara Pecahkan Rekor Muri

Ribuan perempuan berkebaya mengikuti acara minum kopi bersama untuk memecahkan rekor Muri

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Ribuan perempuan berkebaya tampak memadati kawasan wisata Pantai Tirta Samudra Bandengan, Minggu (12/5/2024) guna memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Mereka terdiri atas jajaran guru, siswa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat umum yang turut memeriahkan pemecahan rekor perempuan berkebaya menyeduh kopi terbanyak secara serentak.

Tercatat, ada 7.857 perempuan berkebaya yang kompak menyeduh kopi, hingga tercatat sebagai rekor spektakuler, yang sebelumnya ditarget 6.300 peserta. Kegiatan tersebut tercatat di Muri sebagai rekor yang ke-11.627.

Baca juga: Songsong Seleksi ASEAN Eco School, SMPN 3 Lasem Rembang Siapkan Sejumlah Inovasi

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, kegiatan itu merupakain inisiatif masyarakat Jepara dan swasta, yang sepenuhnya tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun murni partisipasi dari masyarakat.

Promosi Kopi Jepara

Selain mengangkat potensi dan promosi produk kopi Jepara, Edy berharap juga dapat mengenalkan wisata lokal Jepara. Sebab, pada pemecahan rekor tersebut juga diisi dengan beragam pentas kesenian, seperti Jembul Banyumanis Tulakan dan pentas musik Carang Pakang Bandengan.

“Selamat buat kita semua, terima kasih buat semuanya yang telah men-support kegiatan ini dan mudah-mudahan jepara tetap maju,” ujar Edy, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Baca juga: Tim PkM USM Beri Pelatihan Adversity Quotient kepada Pendidik PAUD Himpaudi

Pada kesempatan itu, Edy meminta kepada seluruh OPD dan kecamatan di Jepara, untuk menyiapkan suguhan kopi Jepara kepada tamu yang datang.

“Kita selaku pemerintah berkewajiban meningkatkan produksi kopi yang ada di Jepara,” ujarnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, sajian kopi tak luput dari peran perempuan yang sangat besar mulai dari memetik kopi hingga menyeduh yang semuanya ada andil perempuan.

“Potensi daerah harus diuri-uri, serta terus bersama untuk memajukannya,” pesannya. (Aji)