Helo Indonesia

667 Guru PAUD di Wonosobo Dilatih Mendongeng, Media untuk Kenalkan Nilai Moral pada Anak

Kamis, 9 Mei 2024 14:24
    Bagikan  
667 Guru PAUD di Wonosobo Dilatih Mendongeng, Media untuk Kenalkan Nilai Moral pada Anak

Para guru PAUD saat mendapatkan pelatihan mendongeng. Foto: jatengprov.go.id

HELOINDONESIA.COM - Kegiatan mendongeng bisa menjadi media dari pengembangan karakter anak. Bahkan, mendongeng menjadi salah satu metode efektif, untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan literasi anak usia dini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo, Musofa, menyebutkan, melalui cerita-cerita yang menarik, anak-anak tidak hanya dibawa dalam petualangan imajinatif, tetapi juga dibekali dengan kosakata baru, pemahaman tentang struktur narasi, dan nilai-nilai moral yang penting.

Baca juga: USM Open 2024, Pebulutangkis Tunggal Putra SMAN 1 Semarang ke Semi Final

“Penguatan literasi melalui mendongeng, merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan SDM berkualitas. Anak-anak yang terbiasa mendengar cerita sejak usia dini, memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik, daya imajinasi yang lebih kuat, dan punya landasan moral yang kokoh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujarnya, pada acara Workshop Mendongeng bagi Guru PAUD se-Kabupaten Wonosobo di Gedung Korpri, Selasa 7 Mei 2024, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Lebih lanjut, kegiatan pelatihan mendongeng tersebut diikuti oleh 667 orang guru PAUD, dari berbagai sekolah di Kabupaten Wonosobo. Mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam mendongeng, agar dapat menjadi fasilitator yang lebih efektif dalam memperkuat literasi anak-anak di kelas.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah langkah positif menuju masyarakat yang lebih cerdas, kreatif, dan berbudaya literasi. Selain itu, dengan semangat kolaborasi antara pemerintah, pendidik, dan masyarakat, penguatan literasi melalui mendongeng, juga akan menjadi landasan kuat bagi pembentukan SDM berkualitas, yang siap bersaing di era globalisasi.

Baca juga: Try Out ke Tiga Provinsi, Tarung Derajat Jateng Siap Perbaki Prestasi di PON Aceh-Sumut

“Semoga workshop ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru dalam melanjutkan perjuangan kita, dalam mempersiapkan SDM berkualitas bagi masa depan Kabupaten Wonosobo yang lebih gemilang,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, menyampaikan, usia dini adalah merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak. Karenanya, pendidik PAUD memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dan besar, dalam membentuk dasar-dasar pendidikan anak sejak usia dini.

“Pendidik PAUD harus memiliki kompetensi profesional, dengan harus menguasai ilmu perkembangan psikologi anak, sesuai tingkat fase perkembangan anak,” ujar Dyah. (Aji)




Dyah menekankan, mendongeng merupakan investasi jangka panjang, yang akan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan pendidikan dan pembangunan di Kabupaten Wonosobo.