bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim PkM USM Beri Pelatihan Pengendalian Mutu Beton kepada Siswa SMKN 3 Semarang

Rabu, 24 April 2024 20:35
    Bagikan  
Tim PkM USM Beri Pelatihan Pengendalian Mutu Beton kepada Siswa SMKN 3 Semarang

Tim PkM USM ketika memberikan pelatihan kepada siswa SMKN 3 Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pengendalian Mutu Beton kepada Siswa SMKN 3 Semarang pada 24 April 2024 di Laboratorium Bahan dan Konstruksi Fakultas Teknik USM.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr Drs Sutarno ST MT, anggota Diah Rahmawati ST MT, Galih Widyarini ST MT, dan dibantu oleh dua mahasiswa USM.

Baca juga: 18 Mahasiswa USM Ikuti Lomba Onmipa Tingkat Wilayah 2024

Menurut Sutarno, tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan softskill dan hardskill siswa-siswi SMKN 3 Semarang dalam mengendalikan mutu beton serta mendukung kurikulum merdeka di SMK 3 Semarang.

''Ada 3 faktor yang bisa mempengaruhi kekuatan beton yaitu sifat dan proporsi campuran beton. Faktor pertama ini menjadi tindakan awal dalam proses pembuatan beton untuk mencapai mutu yang diinginkan. Kedua, kondisi pemeliharaan. Ketiga, faktor pengujian,'' katanya.

Dia mengatakan, mutu beton adalah pertanda dari kualitas atau kekuatan karakteristik beton yang biasanya ditunjukan dengan satuan angka dan huruf seperti K dan FC.

''Pengujian terhadap bahan-bahan penyusun beton dilakukan untuk memahami sifat-sifat dan karakteristik bahan-bahan tersebut serta untuk menganalisis dampaknya terhadap sifat dan karakteristik beton yang dihasilkan, baik pada kondisi beton segar, beton muda maupun beton yang telah mengeras,'' jelasnya.

Baca juga: Berbagi Ilmu, Tim PKM Mahasiswa Ilkom USM Latih Siswa SMKN 1 Semarang Menulis Script

Perwakilan guru SMKN 3 Semarang, Kukuh mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada tim PkM USM atas kegiatan tersebut yang mendukung kegiatan kurikulum merdeka di SMKN 3 Semarang.

''Kami senang sekali dan terima kasih atas kedatangan tim pengabdian USM yang akan memberikan pelatihan pengendalian mutu beton yang memang belum ada pada kurikulum pembelajaran di SMKN 3,'' kata Kukuh.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut memberikan manfaat bagi para siswa siswi SMKN 3 Semarang saat terjun ke proyek nantinya,'' ungkapnya. (Aji)