Helo Indonesia

Kodim 0175/Kendal Gelar Karya Bakti dengan Tanam Pohon dan Penyaluran Sembako

Selasa, 9 Januari 2024 21:33
    Bagikan  
Kodim 0175/Kendal Gelar Karya Bakti dengan Tanam Pohon dan Penyaluran Sembako

Kodim 0715/Kendal Letkol Inf Jenry Polii saat melaksanakan penanaman pohon di Desa Winong. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Jajaran Personel Kodim 0715/Kendal melaksanakan penanaman pohon, pembersihan pasar dan selokan, serta baksos penyaluran sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kegiatan diawali dengan Apel yang dipimpin Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Jenry Polii dan diikuti jajarannya di Lapangan Desa Winong, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, Selasa 9 Januari 2024.

Baca juga: Bupati Resmikan Revitalisasi Los Pasar Sukorejo

Dandim 0715/Kendal menjelaskan, kegiatan Karya Bakti dan Baksos dilaksanakan serentak sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi Kemanunggalan TNI dengan seluruh komponen pemerintahan, Polri dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Kapolres Kendal, AKBP Feria Kurniawan, Kepala Desa Winong, Angsori dan warga penerima bantuan sembako.

Dandim 0715/Kendal mengatakan, kegiatan Karya Bakti TNI bertujuan untuk membantu kesulitan warga. Menurutnya beberapa program telah dilaksanakan diantaranya Manunggal Air, pembersihan pasar dan selokan serta pemberian sembako kepada warga yang membutuhkan.

"Harapannya tidak ada banjir, kemudian masyarakat bisa terbantu ditengah ekonomi yang saat ini begitu sulit," terang Dandim 0715/Kendal.

Baca juga: 8 Film Bioskop Tayang Januari2024, Cek Sinopsis dan Jadwalnya!

Dipaparkan dia, dalam kegiatan Karya Bakti Kodim 0715/Kendal meliputi penanaman 300 pohon yang ditanam di sekitar lapangan Desa Winong dan Taman Gajahmada, Kelurahan Karangsari Kendal. Kemudian juga dilaksanakan pembersihan pasar di Pasar Srogo dan Pasar Magangan, pembersihan selokan serta penyaluran sembako di Desa Winong.

"Harapannya dengan pembersihan pasar, pasar akan semakin indah. Kemudian pembersihan selokan agar saluran air menjadi lancar sehingga dapat mencegah banjir. Jadi kita kalau dihitung semua pohon yang kita tanam sudah ada 10 ribu. Kita lakukan bertahap sejak tahun 2022," papar Letkol Inf Jenry Polii.

Bersihkan Sungai

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan kegiatan Karya Bakti membersihkan sungai maupun sampah dilaksanakan bertujuan untuk menjaga lingkungan di Kabupaten Kendal.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Dandim dan Pak Kapolres. Ini adalah kegiatan kolaborasi yang diinisiasi Kodim 0715/Kendal untuk membersihkan sampah dan sungai di Desa Winong ditambah dengan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan," ujar Dico.

Baca juga: Menjadi Pejalan Kaki yang Tetap Selamat di Kota Semarang

Menurutnya, melalui kegiatan Karya Bakti tersebut menjadi upaya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan.

"Jadi ini merupakan upaya kita bersama-sama dalam menjaga lingkungan di Kendal, yang kedua memberikan edukasi pentingnya menjaga lingkungan. Dan yang ketiga masyarakat yang membutuhkan bisa diberikan bantuan oleh pemerintah," imbuhnya.

Kepala Desa Winong, Angsori menyampaikan ada 100 warga yang menerima bantuan sembako. Selain itu dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal, Kodim 0715/Kendal dan Polres Kendal yang telah melaksanakan penanaman pohon dan bersih-bersih sungai di Desa Winong.

"Dengan penanaman pohon buah harapannya Desa Winong bisa terus berbuah. Dan dengan pembersihan sungai tadi juga harapannya bisa mencegah banjir dan penyakit-penyakit di musim hujan seperti demam berdarah," tandas Kades Winong. (Anik)