Helo Indonesia

Diduga, Baleho Caleg DPR RI Pakai Dana Operasional Kelurahan

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 14 Desember 2023 17:38
    Bagikan  
Diduga, Baleho Caleg DPR RI Pakai Dana Operasional Kelurahan

Seorang RT sedang memasang baleho di Kantor Kelurahan Perumnas Wayhalim (Foto Ist)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Lurah Perumnas Wayhalim, Kota Bandarlampung, Siagawanto diduga menggunakan dana operasional kelurahan yang baru cair Rp25 juta untuk pembuatan baleho seorang calon anggota legislatif (caleg) DPR RI.

Helo Indonesia Lampung dan awak media lainnya telah berusaha mengkonfirmasi hal ini lewat nomor whatsapp +62 812-7285-XXXX sejak Rabu (13/12/2023). Namun, hingga Kamis sore (14/12/2023), belum ada tanggapan Siagawanto.

Dari foto-foto yang diperoleh media ini dari Ormas Laskar Lampung, diduga, ada Ketua RT inisial DC dan anggota Linnas inisial BB sedang menyiapkan baleho-baleho di depan dan aula Kantor Kelurahan Perumnas Wayhalim, Kecamatan Wayhalim.

Dari foto-foto tersebut, mereka sedang membuat baleho-baleho putri Ketua parpol tersebut ke kerangka kayu yang masih baru pada jam kantor. Gudang penyimpanannya di kamar kecil aula Kelurahan tersebut.

Baca juga: Dharma Wanita Persatuan Pilar Penting dalam Pembangunan

Mereka juga yang kemudian menyebarkan pemasangan baleho di wilayahnya. Mereka menyiapkan baleho-baleho tersebut pada jam kerja. Tak tahu, kenapa Bawaslu, Panwascam Wayhalim maupun KASN tidak menindak hal ini.

Seorang ketua RT di kawasan Kedaton kepada Helo Indonesia Lampung mengatakan dirinya ditargetkan mendapatkan suara separuh lebih warga memilih seorang caleg DPR RI. Hanya, kata dia, berusaha tapi tak berjanji mencapai target.

Bawaslu Provinsi Lampung sudah mendapatkan informasi ketua RT dan linmas diduga terlibat menyiapkan banner seorang calon anggota DPR RI putri ketua partai di halaman dan aula Kantor Kelurahan Wayhalim, Kecamatan Wayhalim, Kota Bandarlampung.

Baca juga: Wajib Ada TACB, Ini 9 Daerah yang Belum Ada TACB di Lampung


Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar mengatakan sebelumnya sudah menerima informasi yang sama. "Kami sudah teruskan ke Bawaslu Kota dan lagi tahap penelusuran," kata Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar, Rabu (13/12/2023).

Ketua Bawaslu kota Apriliwanda Bandarlampung juga mengaku sudah juga mendapatkan informasi terkait dugaan RT dan linmas menyiapkan banner salah satu caleg DPR-RI yang kebetulan anak ketua partai. "Kami segera telusuri, " katanya.

Panglima Ormas Laskar Lampung Ir. Nerozeli Koenang mengintruksikan PAC Laskar Lampung Kota Bandarlampung menginvestigasi keterlibatan camat, lurah, hingga RT dan kaling sosialisasi calon anggota DPR RI.

Baca juga: Tegas, Ketua PWI Tubaba Ajak Seluruh Insan pers Tolak Perbub 27 tahun 2023


Dia meminta para anggota Laskar Lampung bergerak mengumpulkan data dan bukti dugaan ketidaknetaralan aparat pemerintahan seperti yang diduga terjadi di Kelurahan Perumnas Wayhalim. "LBH Laskar Lampung harus mengawal kasus ini," katanya.

Didampingi Sekjen Laskar Lampung Panji Nugraha AB, SH, kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (13/12/2023), mengatakan telah mencium keterlibatan aparat pemerintah kota ini memenangkan calon anggota DPR RI. (HBM)