Helo Indonesia

Gaet Universitas Moestopo, AWPI Tingkatkan Kopetensi Wartawan

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 13 Desember 2023 10:08
    Bagikan  
Gaet Universitas Moestopo, AWPI Tingkatkan Kopetensi Wartawan

Para pengurus AWPI (Foto Ist)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Tulangbawang bersama Universitas Profesor Dr. Moestopo meningkatkan kopetensi anggotanya lewat pra-uji kompetensi wartawan (pra-UKW) secara daring melalui zoom meeting pada 13-14 Desember 2023.

Ketua AWPI Lampung Barusman mengatakan ada 42 peserta yang ikut pelatihan dasar jurnalistik sebelum UKW. "Pesertanya tak hanya para awak media tapi juga masyarakat umum yang ingin mendapatkan wawasan jurnalistik," katanya kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (13/12/2023).

undefined

Dalam penyampaian materinya, tim penguji akan membeberkan tentang pembuatan berita yang benar, dimulai dengan menjelaskan tentang bagaimana menetapkan nilai berita, jurnalis cyber yang berkualitas, tangkas, menarik, dan elegan.

Kemudian, kata Barusman, diuraikan tentang bagaimana cara pembuatan berita yang sesuai dengan panduan di atas. Tim Penguji juka akan menjelaskan materi tentang “Kode Etik Wartawan” yang terdiri dari beberapa pasal tentang fungsi dan tugas wartawan.

Dia mengharapkan pra-UKW ini akan menjadi wawasan tambahan bagi wartawan dalam menghadapi uji kompetensi wartawan (UKW) dalam waktu dekat ini. (Rls/HBM)