Helo Indonesia

Komisi X DPR RI Laksanakan Pengawasan Bantuan TIK di Kendal

Kamis, 16 November 2023 20:06
    Bagikan  
Komisi X DPR RI Laksanakan Pengawasan Bantuan TIK di Kendal

Pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI saat melakukan kunjungan spesifik ke Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Pimpinan dan Anggota Komisi X DPR RI, diantaranya Dede Yusuf, Mujib Rohmat, Agustina Wilujeng, Putra Nababan dan AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi melaksanakan kunjungan spesifik ke Kabupaten Kendal, Kamis 16 November 2023

Ada dua sekolah yang dikunjungi yakni SD Negeri 1 Tanjungmojo dan SMP Negeri 1 Kangkung. Kemudian rombongan diterima Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di Ruang Paringgitan Setda Kendal.

Baca juga: Menkominfo Ajak Masyarakat Terapkan Tiga Langkah Cegah Hoaks untuk Wujudkan Pemilu Damai 2024

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menjelaskan, kunjungan spesifik tersebut dalam rangka pengawasan bantuan tehnologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa laptop yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI kepada sekolah-sekolah.

"Intinya kita ingin tahu apakah laptop yang diberikan sejak tahun 2021, 2022 kepada lebih dari 200 ribu sekolah tersebut sudah termanfaatkan atau belum. Tadi kita sudah temukan di lapangan dulu memang hanya dipakai untuk ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer), tetapi kemudian ada kebijakan dan perlu didorong untuk penggunaan kepada siswa," jelasnya.

Melihat Dukungan

Lebih lanjut, Dede Yusuf menyampaikan, kunjungannya beserta rombongan juga untuk melihat dukungan dan fasilitas apa saja yang telah diterima oleh satuan pendidikan di Kabupaten Kendal terkait bantuan perangkat TIK dan kendala apa yang tengah dihadapi.

"Kita juga tanya apakah sistemnya, internetnya, listriknya dan lain-lain. Pak Bupati tadi menyampaikan belum ada kendala atau hambatan, malah minta tambah jumlahnya. Jadi Ini akan menjadi catatan buat kita bahwa bantuan TIK ini bermanfaat," imbuh Dede Yusuf.

Baca juga: Anas Urbaningrum Prediksi Pilpres 2024 Akan Dua Putaran

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap, setelah kunjungan spesifik dari Komisi X DPR RI tersebut, aspirasi yang disampaikannya terkait sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Kendal dapat segera ditindaklanjuti.

"Mereka kan tujuannya ingin melihat seperti apa program-program yang dari kementerian. Terus apa yang dikeluhkan dari daerah untuk meningkatkan dunia pendidikan. Jadi mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi kita bisa segera terealisasi," harap Dico. (Aji)