Helo Indonesia

LGN-OTA Kabupaten Demak Salurkan Bantuan untuk 12.200 Anak Asuh

Senin, 6 November 2023 15:52
    Bagikan  
LGN-OTA Kabupaten Demak Salurkan Bantuan untuk 12.200 Anak Asuh

Bupati Demak Eisti’anah saat menyerahkan bantuan LGN-OTA kepada perwakilan anak asuh. Foto: Ist

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 12.200 anak asuh menerima bantuan dari Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) Kabupaten Demak.

Adapun penerima bantuan terdiri 10.911 siswa SD/MI/sederajat dan 1.289 SMP/Sederajat. Penyerahan bantuan simbolis oleh Bupati Demak Estianah kepada perwakilan anak asuh di Pendopo Satya Bhakti Praja, Senin 6 November 2023.

Baca juga: Para Penderita Diabetes Wajib Tahu, Inilah 6 Buah-buahan yang Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Ketua LGN-OTA Kabupaten Demak Eni Susiani dalam laporannya menyampaikan, di tahun 2023 telah terkumpul bantuan dari orang tua asuh sebanyak Rp 2, 11 milliar.


Jumlah tersebut meningkat 10 persen, jika dibandingkan pada tahun sebelumnya 2022 bantuan orang tua asuh mencapai Rp 1,913 milliar.

Menurutnya, dengan tingginya capaian tersebut menunjukkan kesadaran dalam membantu anak kurang mampu sangat tinggi.

Pada kesempatan tersebut Ketua LGN-OTA Provinsi Jawa Tengah Zaimatun Ali Mufiz yang hadir di acara tersebut memberikan apresiasi setinggi - tingginya pada LGN-OTA kabupaten Demak, karena selama empat tahun berturut-turut mendapatkan capaian tertinggi dalam penggalangan dana.

Baca juga: Putusan MKMK Berdampak pada Pencalonan Gibran di Pilpres 2024

Bupati Demak Eisti’anah, saat memberikan sambutan menyampaikan, rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus LGN-OTA dan FKK-OTA Demak.

Alhamdulillah di tahun 2023 ini mampu menggalang dana Rp. 2,11 milliar. Mudah-mudahan keberhasilan ini dapat terus ditingkatkan,” kata Eisti.

"Dengan adanya LGN-OTA, maka anak kurang mampu memiliki orang tua asuh yang akan memberikan bantuan pendidikan, tentunya ini akan membuka pintu bagi peningkatan keterjangkauan akses pendidikan. Sehingga tujuan untuk menurunkan angka kemiskinan, ATS (Anak Tidak Sekolah) dan kesejahteraan di Kabupaten Demak dapat di kelola dengan baik,'' tandas bupati.

Sedangkan tiga FKK-OTA Kecamatan dengan penggalangan dana tertinggi yang mendapatkan apresiasi meliputi, FKK OTA Kecamatan Bonang dengan capaian penggalan dana sebesar Rp. 208.500.000, FKK OTA Kecamatan Demak dengan capaian penggalan dana sebesar Rp. 175 juta, dan FKK OTA Kecamatan Karanganyar dengan capaian penggalan dana sebesar Rp. 160 juta. (Aji)