Helo Indonesia

Pesan Bupati Dendi Ramadhona pada Hari Santri 2023

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 22 Oktober 2023 22:17
    Bagikan  
Pesan Bupati Dendi Ramadhona pada Hari Santri 2023

(Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meminta para santri dapat menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persaudaraan.

Hal itu dikatakan Dendi saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Pesawaran tahun 2023 di halaman Pondok Pesantren Modern Darul Ikrom Kecamatan Kedondong, Minggu (22/10/2023).

"Tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini, mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia," kata Dendi.

Baca juga: Pj Bupati Mulyadi Irsan Sampaikan Pesan Hari Santri 2023

Menurutnya, melalui keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dan sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun selalu rutin diselenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda," ujarnya.

"Untuk tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" yang memiliki makna mendalam," tambahnya.

Untuk itu, Dendi juga mengajak semua masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri.

Baca juga: Deklarasi 98 dan Masyarakat 08 Kompak Dukung Prabowo-Gibran

"Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia," jelasnya.

Dikatakannya, perjuangan ini bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan dan semua bentuk ketidaksetaraan.

"Percayalah, dengan bersama- sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan," kata dia.

"Saya juga berharap peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa," pungkasnya. (Rama)