Helo Indonesia

STES Tunas Palapa Kabupaten Tubaba Menggelar Kuliah Umum

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 9 Oktober 2023 19:28
    Bagikan  
STES Tunas Palapa Kabupaten Tubaba Menggelar Kuliah Umum

Para narasumber dan Ketua Yayasan saat foto bersama (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM– Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Tunas Palapa Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar Kuliah Umum, dengan mengusung tema "Tantangan dan Peluang Sarjana Ekonomi Syariah di Era Digital".

Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula STES Tunas Palapa, dan dihadiri langsung, Ketua Pelaksana, Imawan Ben Atasoge, Ketua Yayasan Tunas Palapa, Arif Nurahman SP, H.Nurkholis Majid, SIP,MM dan para narasumber Dr. H. Edy Irawan Arief,SE,M.E.C, Dr.imam Mustopa,SHI,MSi, Senin (09/10/2023).

Ketua pelaksana, Imawan Ben atasoge, ME mengungkapkan bahwa munculnya era digital ini telah menggeser (disruption) berbagai bisnis berbasis konvensional yang telah lama dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca juga: Elly Datang, Rinaldi Alzier Optimis Gerindra Pesawaran Menang

"Indonesia sudah secara aktif menjalani era baru berbasis digital 5.0, yang ditandai dengan bergesernya berbagai sektor kegiatan ke arah digital serba otomatis. Salah satunya ditandai dengan lahir dan berkembangnya financial technology (fintech) syariah menyusul keberadaan fintech konvensional serta layanan sebelumnya, seperti, internet banking, mobile banking, dan lain sebagainya. Fintech ini hadir dengan cara lebih praktis, mudah, nyaman dan lebih ekonomis," Katanya.

Semntara itu, disampaikan Ketua Yayasan Tunas Palapa, Arif Nurahman SP bahwa menimba ilmu di masa kuliah hanya terjadi sekali, maka dari itu semasa kuliah terus kembangkan daya intelektual, jiwa leadership juga harus ditumbuhkan.

Baca juga: Direktur RSUDAM Lukman Pura Saksi Kasus Dugaan Setoran Proyek

"Karena yang mampu membawa perubahan adalah mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan, komunikatif, serta kemampuan analisa dalam menyelesaikan problematika," jelas Arif.

Ditempatkan yang sama Dr. H. Edy Irawan Arief,SE,M.E.C dan Dr.imam Mustopa,SHI,MSi selaku narasumber mengungkapkan bahwa kita sebagai manusia terlahir dan diciptakan sebagai pemimpin artinya mampu memimpin dirinya sendiri pemimpin berkaitan dengan tugas dalam mengambil keputusan, kemudian dalam menjawab tantangan dan peluang sarjana ekonomi syariah di era digital, mahasiswa ekonomi harus memiliki kemampuan skill, pengetahuan dan relasi yang kuat.

"Hanya ada 2 pilihan menjadi mahasiswa yang menguasai dunia atau menjadi mahasiswa yang dikendalikan oleh sistem," imbuhnya (Rohman).