bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

7 Tips Ampuh Agar Wawancara Kerja Dijamin Lolos!

Restiyan Ningsih - Panduan Anda
Minggu, 12 Mei 2024 21:38
    Bagikan  
Wawancara Kerja/Ilustrasi
freepik

Wawancara Kerja/Ilustrasi - Cara agar wawancara kerja lolos

HELOINDONESIA.COM - Wawancara kerja seringkali menjadi tahap yang menegangkan dalam mencari pekerjaan baru.

Namun, dengan mempersiapkan diri dengan baik dan menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan peluang untuk lolos dalam wawancara tersebut.

Berikut adalah beberapa tips jitu yang dapat membantu Anda melewati wawancara kerja dengan sukses:

1. Kenali Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Sebelum menghadiri wawancara, luangkan waktu untuk benar-benar memahami profil perusahaan dan tuntutan pekerjaan yang dilamar. Pelajari misi, visi, nilai-nilai, dan budaya perusahaan tersebut. Selain itu, pahami juga detail tentang posisi yang dilamar, termasuk tanggung jawab, kualifikasi yang dibutuhkan, dan tantangan yang mungkin dihadapi.

Baca juga: Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu Cantik

2. Persiapkan Jawaban atas Pertanyaan Umum

Ada beberapa pertanyaan umum dalam wawancara kerja yang hampir selalu muncul, seperti "ceritakan tentang diri Anda", "apa kelebihan dan kelemahan Anda", atau "mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?".

Persiapkan jawaban yang jelas, relevan, dan meyakinkan untuk pertanyaan-pertanyaan ini. Gunakan contoh konkret dari pengalaman kerja atau pendidikan Anda untuk mendukung jawaban Anda.

Baca juga: Preman Ngaku Wartawan dan Pengacara Palak Sopir Bis Pariwisata 150 Ribu Parkir di Masjid Istiqlal

3. Tunjukkan Kepribadian dan Sikap Positif

Selain menilai keterampilan dan pengalaman kerja Anda, pewawancara juga akan memperhatikan kepribadian dan sikap Anda.

Tunjukkan sikap yang positif, antusiasme, dan kepercayaan diri selama wawancara. Berikan senyuman, tatap mata, dan berikan respon yang ramah terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

4. Siapkan Pertanyaan yang Relevan untuk Pewawancara

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa pertanyaan yang relevan untuk diajukan kepada pewawancara. Hal ini akan menunjukkan minat Anda yang nyata terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga dapat membantu Anda memperoleh informasi tambahan tentang pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Mirza Ungkap Misi Utama Gerindra Berkuasa di Lampung

5. Praktikkan Wawancara dengan Orang Lain atau Secara Mandiri

Praktikkan wawancara kerja dengan orang lain atau secara mandiri untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri Anda.

Mintalah umpan balik dari teman, keluarga, atau mentor tentang penampilan dan jawaban Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki sebelum menghadiri wawancara yang sesungguhnya.

6. Berpakaian Sesuai dan Tepat Waktu
Berpakaianlah dengan sopan dan sesuai dengan budaya perusahaan yang Anda lamar.

Pastikan untuk datang tepat waktu atau bahkan beberapa menit lebih awal agar Anda memiliki waktu untuk menenangkan diri dan membiasakan diri dengan lingkungan sekitar.

7. Pelajari Bahasa Tubuh Anda
Selain kata-kata yang Anda ucapkan, bahasa tubuh Anda juga memberikan kesan kepada pewawancara. Berikan sikap tubuh yang positif dan percaya diri, seperti duduk tegak, tatap mata, dan gerakan yang sopan.

Hindari sikap yang terlihat tegang atau kurang percaya diri.

Dengan menerapkan tips-tips di atas dan melakukan persiapan yang matang, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk lolos dalam wawancara kerja dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Tetap tenang, percaya diri, dan tunjukkan yang terbaik dari diri Anda! Semoga berhasil!