Helo Indonesia

Messi dan Haaland Pimpin Daftar Resmi Nominasi Peraih Ballon dOr 2022/23

Winoto Anung - Olahraga
Kamis, 7 September 2023 10:44
    Bagikan  
Erling Haaland,  Lionel Messi
Marca

Erling Haaland, Lionel Messi - Erling Haaland dan Lionel Messi (foto: Marca)

HELOINDONESIA.COM - Majalah France Football telah menerbitkan daftar 30 finalis calon peraih penghargaaan Ballon d'Or pada hari Rabu. Ballon d'Or adalah penghargaan untuk pemain terbaik dunia.

Dalam kelompok pemain luar biasa ini, ada dua pemain yang keberadaannya paling menonjol di atas yang lain: Lionel Messi dan Erling Haaland.

Pemain asal Argentina dan Norwegia difavoritkan memenangkan trofi individu paling bergengsi di dunia sepak bola. Ada pemain lain dalam daftar yang menjalani musim hebat, seperti Vinicius, Rodri, atau Kevin de Bruyne.

Namun, akan mengejutkan jika penerus Karim Benzema sebagai peraih Ballon d'Or adalah orang lain selain pemain Inter Miami atau striker Manchester City.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sudah Purna Tugas, Relawan Dimana-mana Siap Berjuang untuk Menangkan di Pilpres 2024

Perlu diketahui, berbeda dengan sebelumnya, performa yang dipertimbangkan adalah untuk musim 2022/23, yakni awal Agustus tahun lalu hingga musim berakhir pada Juni.

Oleh karena itu, Piala Dunia di Qatar diperhitungkan, sekaligus membantu upaya Messi untuk meraih Ballon d'Or kedelapan.

Namun, Haaland belum menyerah mengingat jumlah golnya yang luar biasa dan treble trofi yang ia bawa pulang.

Baca juga: Kini Demokrat Desak PUPR Tuntaskan Pembangunan Jalan Penyangga IKN, Kalau Belum Tuntas Bakal Ramai di Medsos

Pencalonan Messi untuk Ballon d'Or

Kemenangan Argentina di Qatar menjadi alasan Messi masuk menjadi unggulan untuk peraih Ballon d'Or. Kini pesepakbola Inter Miami itu berhasil mencetak tujuh gol dan memberikan tiga assist, berpartisipasi dalam 10 dari 15 gol timnya.

Bintang asal Argentina ini menjadi kunci dalam turnamen ini, sehingga memungkinkannya untuk menambahkan satu-satunya trofi yang hilang ke dalam lemarinya.

Selain itu, ia mendukung tim nasional, dengan banyak pemain muda yang mengikuti turnamen pertama mereka seperti Julian Alvarez, Enzo Fernandez atau Alexis Mac Allister.

Baca juga: LSI: Peta Pilpres Lampung, Suara NU Cenderung ke Prabowo dan Ganjar

Meski begitu, kiprah Messi bersama PSG menimbulkan beberapa keraguan. Itu sebabnya dia bukan favorit. Memang benar angkanya jauh lebih baik dibandingkan musim 2021/22, namun tersingkirnya babak 16 besar Liga Champions tidak diimbangi dengan gelar juara Ligue 1.

Apakah treble Haaland lebih berharga daripada Piala Dunia? Memang, Erling Haalang menjadi kandidat utama selain Lionel Messi.

Musim debutnya di tim asuhan Pep Guardiola sangat luar biasa, memenangkan Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions serta menjadi pencetak gol terbanyak di setiap kompetisi tersebut.

Baca juga: Pengamat Sebut Duet Ganjar-AHY Bakal Direstui Jokowi

Selain itu, ia memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim di Premier League dan meraih Sepatu Emas 2022/23 dan penghargaan UEFA untuk Pemain Terbaik Musim

Ia manjadi pemain dengan golnya di musim 2022/23 sangat spektakuler: 52 gol dalam satu musim. 53 pertandingan di semua kompetisi bersama Manchester City. Namun, Haalang tidak membawa Norwegia bahkan tidak lolos ke Piala Dunia. (**)