Helo Indonesia

Kendal Kirim 325 Atlet ke Porprov XVI Jateng, 18 Cabor Jadi Tumpuan Raih Emas

Ajie - Olahraga
Sabtu, 29 Juli 2023 20:16
    Bagikan  
Kendal Kirim 325 Atlet ke Porprov XVI Jateng, 18 Cabor Jadi Tumpuan Raih Emas

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melepas kontingen Porprov

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Ada 18 cabang olahraga (cabor) yang menjadi unggulan dan digadang-gadang mampu meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah XVI, yang akan digelar di Pati Raya, 5-11 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi pada acara Penetapan dan Pengukuhan Atlet Porprov Jawa Tengah XVI 2023 di Pendapa Tumenggung Bahurekso, Sabtu 29 Juli 2023.

Subur Isnadi menyampaikan, cabor unggulan terbagi menjadi cabor unggulan 1, 2 dan 3. Hal tersebut berkaca kepada perolehan medali di ajang Pra kualifikasi yang digelar sebelumnya.

Baca juga: Berbagi Kebahagiaan, Lazisma MAJT Santuni 100 Yatim-Piatu di Masjid Darul Iman Muktiharjo Lor Genuk

"Kalau cabor unggulan satu ada 18 cabor. Diantaranya, cabor jiu jitsu, sepak takraw, angkat besi dan lainnya. Kenapa 18 cabor ini kita jadikan unggulan satu, karena waktu Pra-Porprov yang bersangkutan meraih medali emas terbaik," ungkapnya.

Pada ajang Porprov Jawa Tengah XVI di Pati Raya, Kabupaten Kendal mengirimkan 325 atlet dan 77 pelatih, dari 43 cabor pertandingan dan satu cabor eksibisi. Dan ditargetkan dapat mencapai peringkat sepuluh besar dan bisa membawa pulang minimal 35 emas, 39 perak dan 28 perunggu.

Dia menuturkan, persiapan untuk atlet, menggunakan sistem Pemusatan Latihan Kabupaten(puslat kab), mereka dianggarkan, dibiayai baik sarpras dan alat pertandingannya juga disiapkan, selain itu pihaknya menyiapkan nutrisi hingga dokter psikologi untuk kejiwaan.

“Jadi itu upaya, bagaimana cara membangun atlet, biar mempunyai semangat juang tinggi, dan juga membangun mental atlet jangan gampang menyerah. Itu yang sudah kami bekali kepada para atlet," imbuhnya.

Dirinya berharap dengan seluruh persiapan yang telah dilakukan KONI Kendal dengan matang, kontingen Kabupaten Kendal dapat meraih target sepuluh besar.

"Kami meminta doa restu kepada semua pihak terutama dari masyarakat Kendal, supaya di ajang Porprov Jateng XVI di Pati Raya, mudah-mudahan target sepuluh besar bisa tercapai," harap Subur Isnadi.

Optimistis

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengaku optimistis bahwa kontingen Kabupaten Kendal dapat meraih target sepuluh besar yang belum pernah terjadi di Kendal.

Baca juga: Festival Gunung Slamet 2023 di Purbalingga Dibuka dengan Gelar Desa Wisata

"Mudah-mudahan dengan keseriusan dan persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari, capaian ini bisa kita wujudkan. Karena ini Karena ini bukan sekedar prestasi untuk Kabupaten Kendal, tapi juga upaya kita juga untuk memotivasi, memberikan semangat kepada generasi muda, untuk bisa lebih aktif lagi di bidang olahraga," tegas Dico.

Dico juga meminta kepada ratusan atlet Porprov Jawa Tengah XVI 2023 yang akan berangkat ke Pati Raya, untuk mempersiapkan mentalnya sebagai juara dengan maksimal, selain fisik dan skillnya.

"Yang terpenting adalah, bagaimana membentuk mentalitas para atlet untuk meraih juara. Sehingga mental perlu dipersiapkan. Saya meminta kepada para tim teknis untuk bekerja dengan maksimal, agar para atlet Kendal bisa mendapatkan prestasi yang tebaik," tandasnya.

Bupati Kendal menyebut pihaknya telah menyiapkan bonus dengan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya untuk para atlet yang pulang membawa prestasi. (Anik)