Helo Indonesia

Erick Thohir Sebut FIFA akan Tiba Pekan Depan untuk Cek Veneu Piala Dunia U-17

Winoto Anung - Olahraga
Selasa, 25 Juli 2023 22:48
    Bagikan  
Erick Thohir
pssi.org

Erick Thohir - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan rencana kedatangan FIFA untuk cek veneu Piala Dunia U-17. (Foto: PSSI)

HELOINDONESIA.COM - Terkait gelaran Piala Dunia U-17, Indonesia berkejaran dengan waktu, sebab acaranya akan digelar mulai 10 November. Dari Pihak sendiri akan segera hadir di Indonesia untuk pengecekan venue yang akan digunakan.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA akan datang di Indonesia, pada pekan depan, yaitu pada Jumat 28 Juli hingga 2 Agustus. Semuanya untuk kepentingan mengecek venue yang disiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-17.

Untuk jadwalnya, turnaman sepak bola untuk usia 17 tahun itu akan berlangsung di Indonesia mulai 10 November hingga 2 Desember. PSSI pun sudah menyiapkan stadion-stadion diupayakan memenuhi standar.

Dalam konferensi pers Selasa 25 Juli, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari FIFA soal penyiapan even besar ini.

Baca juga: PDIP Pecat Cinta Mega Buntut Main Slot di Rapat Paripurna DPRD DKI

Erick Thohir menunjukan kertas surat FIFA tersebut, dan mengatakan,  sejumlah catatan dari otoritas sepak bola dunia itu harus ditindaklanjuti, agar memenuhi syarta yang ditetapkan.

Menurut dia, pada tanggal 20 Juli lalu, PSSI sudah terima surat dari FIFA. Sejumlah catatan harus segera ditindaklanjuti sebelum FIFA mengecek ke sini.

“Setelah menerima surat dari FIFA, kami teruskan suratnya ke Kemenpora dan KemenPUPR untuk proses renovasi yang diperlukan sesuai catatan FIFA," kata Erick Thohir yang didampingi Waketum Ratu Tisha dan anggota Komite Eksekutif Arya Sinulingga.

Baca juga: Soal Ketua Umum Parpol Berganti, Untuk Pemilu KPU Akui yang Terdaftar di Kemenkumham

Ditegaskannya, kunjungan FIFA nanti akan mengecek mengenai kesiapan venue, kualitas lapangan, kesiapan tim service, dan juga renovasi lapangan baru yang PSSI usulkan seperti di Jakarta International Stadium (JIS).

"FIFA tentu akan mengecek langsung begitu tiba di Indonesia. Nanti tanggal 1 Agustus akan ada laporan akhir dari FIFA sebelum keesokan harinya mereka pulang,: kata Ketua Umum PSSI itu.

“Tentu FIFA punya standarisasi untuk semua aspek. Jadi kami hanya mengusulkan, yang menentukan FIFA. Jadi kita mohon, PSSI tidak main politik, dan kita akan sukseskan Piala Dunia U-17 2023," tambah Erick Thohir.

Baca juga: Cawapres Prabowo, PKB Ancam Gerindra : Harus Gus Imin Atau Cari Takdir Lain

Sebelumnya, PSSI juga sudah menetapkan Stadion Manahan, Surakarta, akan menjadi venue semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023.

"Sesuai pembicaraan dengan FIFA, salah satunya saat Piala Dunia U-20 lalu bahwa semifinal dan final di Stadion Manahan. Jadi untuk Piala Dunia U-17 nanti tidak usah diganti lagi venuenya. Jadi bukan PSSI yang menentukan, FIFA yang menentukan," ujar Erick Thohir, Ketua Umum PSSI. (*)

(Winoto Anung)