Helo Indonesia

Erick Thohir Pimpin Rapat Pertama Persiapan Piala Dunia U-17, 24 Negara Peserta Diumumkan

Winoto Anung - Olahraga
Selasa, 27 Juni 2023 18:14
    Bagikan  
Erick Thohir
@erickthohir

Erick Thohir - Ketua Umum PSSI memimpin Rapat pertama persiapan penyelenggaraan Piala DUnia U-17. (Foto: @erickthohir)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memulai gawe besar, yakni persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Untuk mempersiapkan, Erick Thohir memulai dengan rapat pertama Piala Dunia U-17, di Jakarta, Selasa 27 Juni 2023.

“Hari ini kami menggelar rapat pertama Piala Dunia U-17. Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara yang lolos,” kata Erick Thohir di Twitter.

Seperti diketahui FIFA baru saja menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang bagi calon-calon pemain sepakbola dunia ini.

Menurut Erick Thohir, setelah sukses menggelar FIFA Matchday antara Indonesia dan Argentina, kini saatnya Indonesia kembali menunjukkan diri pantas menjadi panitia dan juga peserta event FIFA berskala internasional.

Baca juga: Ganjar Pranowo Akui Mayoritas Daerah di Jateng Siaga Kekeringan, 12 Kabupaten/Kota Dapat Air Bersih

“Kini saatnya Indonesia kembali menunjukkan diri bahwa kita pantas menjadi host event FIFA berskala internasional ???????? Mohon doanya,” tulis @erickthohir.

Lantas dari PSSI diumumkan sebanyak 24 negara akan mengikuti Piala Dunia U-17 yang akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun 2023.

Untuk even besar ini, sebagai tuan rumah Indonesia otomatis lolos dan menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara. Secara keseluruhan, dari kawasan Asia tim yang lolos adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, serta Uzbekistan.

Berikut daftar negara peserta Piala Dunia U-17 2023. Dimulai dari Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca juga: Mbappe Bikin Eksekutif Qatar Marah, Liverpool Berani Bayar Rp4.4 Triliun

Dari kasawan Aseian, selain Indonesia, wakil Asia (AFC) adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, serta Uzbekistan.

Kemudian, wakil dari Eropa (UEFA), dari Benua Biru ini wakilnya adalah Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia.

Sementara itu, dari zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Ada Brasil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador.  Kemudian peserta asal kawasan Amerika Utara dan Tengah (Concacaf) adalah Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, dan Panama.

Ada pun dari Afrika (CAF), yakni Mali, Burkina Faso, Maroko, dan Senegal. Terakhir dari zona Oceania mengirimkan Selandia Baru dan Kaledonia Baru.

Baca juga: Sidang Perdana Kasus BTS 4G, JPU Dakwa Johnny G Plate Terima Rp17,8 Miliar

Untuk diketahui, banyak legenda sepakbola dunia yang lahir dari ajang ini.  Mereka di antaranya adalah Alessandro Del Piero, Fransesco Totti, juga Xavi Hernandez. Kemudian Fernando Redondo, Juan Sebastian Veron, Luis Figo, serta Ronaldinho.

Lantas, sejumlah bintang jebolan Piala Dunia U-17 yang masih aktif bermain juga pernah mentas di kompetisi ini.  Ada Phil Foden (Inggris), Pedri (Spanyol), Jordi Amat (Spanyol) yang kini membela timnas Indonesia di level senior. (*)

(Winoto Anung)