Helo Indonesia

Deretan Kandidat Peraih Ballon dOr 2024 Setelah Era Messi dan Ronaldo Berakhir

Drajat Kurniawan - Olahraga
Jumat, 23 Juni 2023 12:00
    Bagikan  
Striker Manchester City Asal Norwegia Erling Haaland
Foto : Ist

Striker Manchester City Asal Norwegia Erling Haaland - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Tropi pemain terbaik sejagat Ballon d'Or merupakan penghargaan paling bergengsi bagi para pemain sepakbola. Dua pemain terbaik dalam kurun waktu 15 tahun terakhir yang bergantian meraih Ballon d'Or yaitu Christiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Namun era kedua megabintang ini disebut-sebut telah berakhir. Keduanya sudah memasuki usia yang sudah tidak muda lagi. Selain faktor usia, Ronaldo dan Messi sudah tidak lagi merumput di liga Eropa.

Ronaldo dipastikkan terus melanjutkan kiprah di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr. Adapun Messi berlabuh ke Inter Miami di pentas Major League Soccer (MLS) dan akan melakoni petualangan dan karir barunya di Amerika. Begitu pula dengan kepergian peraih Ballon d'Or edisi terakhir atau 2022, Karim Benzema. Penyerang asal Prancis itu memilih meninggalkan Real Madrid dan bergabung bersama klub asal Arab Saudi, Al Ittihad.

Meski demikian, Messi tetap difavoritkan untuk menyabet Ballon d'Or 2023, setelah Keberhasilan mengantarkan Argentina merengkuh titel Piala Dunia 2022. Prestasi tertinggi tersebut menjadikan salah satu alasan kuat pemain berjuluk La Pulga itu layak mendapatkan gelar Ballon d'Or kedelapannya pada tahun ini.

Baca juga: Erland Syofandi Mediasi Permasalahan Lahan PTPN VII Unit Way Berulu

Setelah era Messi dan Ronaldo, sejumlah nama pemain muda pun mencuat menjadi kandidat kuat penerima Ballon d'Or tahun 2024. Berikut daftar pemain muda berbakat tersebut.

1. Vinicius Junior (Real Madrid)

Winger asal Brasil ini sudah tiga musim bersama Real Madrid. Namun Vinicius baru menemukan permainan terbaiknya mulai musim lalu. 

Ditempatkan di posisi Winger, Vinicius memiliki kecepatan dan kemampuan teknik olah bola yang cukup merepotkan pertahanan lawan. Bahkan, Vinicius juga terbilang subur dalam urusan menyarangkan si kulit bundar ke gawang lawan.

Baca juga: Gindha Ansori Wayka : Anggota Paskibra Harus Bebas Narkotika

Pada sejumlah laga penting Liga Champions musim lalu, Vinicius beberapa kali berperan penting dalam keberhasilan Los Blancos baik saat menyingkirkan Manchester City di babak semifinal maupun saat menghadapi Liverpool di partai final, yang digelar di Stade de France, Paris, Prancis. winger Santos itu mencetak gol kemenangan atas The Red.

Pada musim ini, meski Madrid gagal mempertahankan titel Liga Champions dan La Liga Spanyol, Vinicius tetap menjadi salah satu pemain yang menonjol. Pelatih Madrid Carlo Ancelotti sempat menyebut kekuatan utama Vinicius.

"adalah pemain yang paling menentukan di dunia ini. Dia bisa menentukan hasil laga dengan penampilan yang konsisten,'' kata pelatih Los Blancos itu seperti dilansir BBC.

Baca juga: Isu Anies Baswedan Tersangka, KPK : itu Katanya Pak Denny

 Vinicius tercatat telah menyumbang 23 gol dan 21 assist dari 55 penampilan di semua ajang pada musim ini. Catatan ini mengantarkan Vinicius berada di urutan ketiga dalam daftar pemain dengan kontribusi gol terbanyak di lima liga top Eropa, setelah Kylian Mbappe dan Erling Haaland.

2. Erling Haaland (Manchester City)

Tak diragukan lagi, Erling Haaland, saat ini disebut-sebut sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Bermain di kompetisi yang sangat kompetitif yaitu Liga Premier Inggris, rekor demi rekor ditorehkan pemain berusia 22 tahunitu. Haaland menyabet dua gelar individu sekaligus di pentas Liga Primer Inggris.

Pada musim ini, penyerang asal Norwegia menjadi pemain terbaik sekaligus menjadi pemain muda terbaik Liga Primer Inggris. Haaland menjadi satu-satunya pemain di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris yang menyabet dua penghargaan tersebut dalam satu musim kompetisi.

Baca juga: Difabel Turut Meriahkan HUT ke-77 Bhayangkara di Mapolda Lampung

Tidak hanya itu, memuncaki daftar pencetak gol tersebut dengan 36 gol, Haaland menjadi pemain tersubur di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris dalam satu musim kompetisi. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Alan Shearer dan Andy Cole, yang mampu mencetak 34 gol dalam satu musim kompetisi.

Musim ini, Haaland memperlihatkan ketajamannya dengan torehan 52 gol dari 53 penampilan di semua ajang. Secara keseluruhan, Haaland sudah mencetak 299 gol, termasuk di level klub ataupun bersama timnas Norwegia. Dengan usia terbilanh belia, Haaland berpotensi untuk bisa terus memecahkan rekor anyar pada masa mendatang.

3. Jude Bellingham (Real Madrid)

Gelandang asal Inggris ini direkrut Real Madrid dari Borussia Dormund pada bulan ini. Kepindahsn tersebut menjadikan Jude Bellingham pemain Inggris termahal kedua.

Baca juga: 136 Tim Bersaing pada Kontes Robot 2023 di USM, Junaidi: Ini Bukti Kami Miliki Teknologi dan SDM Tinggi

Los Blancos menebus Bellingham dengan biaya transfer dikabarkan mencapai 88 juta poundsterling. Bellingham memang gagal mengantarkan Dortmund meraih titel Bundesliga Jerman pada musim ini. Namun dia sudah mencatatkan rekor tersebut.

Bellingham juga tercatat sebagai kapten termuda tim utama Dortmund di sepanjang sejarah klub pada saat usianya baru menginjak 19 tahun. Perfotma mantan gelandang Birmingham City itu pun terbilang impresif. Bellingham mengemas 14 gol dan tujuh assist dari 42 penampilan di semua ajang pada musim ini. 

Setelah direkrut Real Madrid, Bellingham pun dinilai bakal terus meninhkatkan level permainannya dan memaksimalkan potensinya pada musim depan.

4. Kylian Mbappe

Mbappe memiliki segalanya untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Kecepatan, teknik olah bola, dan insting mencetak gol yang begitu kuat menjadi keunggulan Mbappe. 

Baca juga: Hadiri Kerjasama 18 Universitas dengan PKNU Korsel, Puan Sebut Pendidikan adalah Game Changer Bagi Negara

Bahkan dj usia yang relatif muda, Mbappe sudah menjadi salah satu andalan Prancis saat merengkuh titel Piala Dunia 2018. Pemain berusia 24 tahun itu pun nyaris membnawa Les Bleus mempertahankan titel tersebut di gelaran Piala Dunia 2022. Namun, di partai final, Mbappe harus mengakui ketangguhan Argentina, yang dipimpin Lionel Messi.

Kendati begitu, Mbappe adalah sebuah mesin gol kelas wahid. Sejak direkrut dari AS Monaco pada 2017, Mbappe mencetak 212 gol dan 98 assist dalam 260 penampilan di semua ajang. Mbappe pun sudah mempersembahkan total 34 trofi buat klub milik pengusaha asal Qatar tersebut.

Di timnas, Mbappe sudah menyumbang 38 gol dalam 88 penampilan. Mbappe hanya terpaut 15 gol dari pencetak gol sepanjang masa Les Bleus, Olivier Giroud. Apabila mampu tampil konsisten dan terhindar dari cedera parah, bukan tidak mungkin, Mbappe akam menggeser Giroud dalam daftar tersebut.

Top skorer Ligue 1 Prancis dalam lima musim terakhir itu pun disebut-sebut bakal menjadi simbol sekaligus penanda era baru pasca era Messi-Ronaldo di pentas sepak bola Eropa.