Helo Indonesia

Erick Thohir Serius Datangkan Wasit Legendaris Italia Pierluigi Collina Untuk Benahi Perwasitan

Drajat Kurniawan - Olahraga
Kamis, 22 Juni 2023 16:05
    Bagikan  
Wasit Legendaris Italia Pierluigi Collina
Foto : Ist

Wasit Legendaris Italia Pierluigi Collina - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Wasit-wasit nasional kerap membuat keputusan kontroversial di lapangan sehingga membuat polemik bagi kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memandang perwasitan Indonesia perlu dibenahi. Dia ingin wasit memiliki kredibilitas dan integritas di lapangan. Sehingga diharapkan tidak ada lagi keputusan wasit menimbulkan polemik.

Demi membangun dan memotivasi wasit-wasit di Indonesia, Erick mengaku tengah berupaya untuk mendatangkan wasit legendaris PierluigiC. Collina. 

"Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina. Instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar ketemu para wasit juga," kata Erick dalam konferensi pers di GBK Arena, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: DPR: Kasus Pungli di Rutan KPK Rp4 Miliar Harus Diusut Tuntas, Jangan Sampai Publik Tak Percaya KPK

Erick mengungkapkan PSSI serius untuk mendatangkan Collina bahwkan sudah bersurat ke FIFA agar bisa mendatangkan Collina ke Indonesia. 

"suratnya sudah dikirim pak Sekjen (Yunus Nusi). Jqadi wasitnya pun perlu semangat, Itu agar wasit bisa punya kewibawaan dan kepercayaan diri karena mereka juga manusia biasa yamg perlu perhatian dan pondasi untuk kehidupan mereka," kata Erick. 

PSSI baru saja menyelesaikan seleksi wasit untuk bertugas di kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Seleksi wasit tersebut dibantu Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) digelar pada 15-16 Juni 2023.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Beberapa Jemaah Haji Asal Pesawaran Terserang Penyakit

Dari hasil seleksi ketat melalui tiga tahap tes (Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test dan LOTG Test), dua instruktur wasit dari JFA, Yoshimi Ogawa dan Toshiyuki Nagi menyatakan 18 wasit akan bertugas di Liga 1 dan 24 wasit bertugas menangani pertandingan di Liga 2. 

Erick meminta kepada semua wasit yang dinyatakan lulus seleksi agar dapat menjaga amanah dan integritas. 

Collina merupakan wasit legendaris yang telah pensiun sejak Agustus 2005. Wasit asal Italia tersebut pernah terpilih sebagai Wasit Terbaik Dunia versi IFFHS enam tahun berturut-turut dari tahun 1998 hingga 2003. 

Baca juga: Terkait Iduladha 1444 H, Ada Tambahan Hari Libur Cuti Bersama, Kata Jokowi untuk Dorong Ekonomi Daerah

Meski sudah pensiun namun Collina masih terlibat dalam dunia sepak bola. Collina tercatat sebagai anggota Komite Wasit UEFA, sebagai Ketua Wasit untuk Federasi Sepak Bola Ukraina sejak 2010. Di Italia l, Collina aktif sebagai konsultan yang tidak dibayar pada Asosiasi Wasit srepak Bola Italia.