Helo Indonesia

Cuaca Ekstrem, Beberapa Jemaah Haji Asal Pesawaran Terserang Penyakit

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 22 Juni 2023 14:55
    Bagikan  
Rombongan jemaah haji asal Kabupaten Pesawaran

Rombongan jemaah haji asal Kabupaten Pesawaran - Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Jemaah Haji asal Kabupaten Pesawaran, terserang beberapa penyakit akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Makkah.

Petugas rombongan haji asal Pesawaran Syiarrudin mengatakan, secara umum jemaah haji asal Pesawaran sehat, namun ada beberapa jemaah yang mengalami gangguan kesehatan.

“Jemaah kita kebanyakan terserang penyakit sepeti flu, batuk dan pilek, kalau untuk penyebabnya sih karena faktor kelelahan dan perubahan cuaca yang ekstream, karena suhu rata rata pada siang hari mencapai 43 derajat,” kata Syiarrudin, Kamis (22/6/2023).

Dikatakannya, untuk makanan parah jemaah tidak mengalami masalah, mengingat pada tahun ini tema pelaksanaan haji ramah jamaah haji lansia, sehingga para lansia diutamakan kenyamanannya.

Baca juga: Truk Berisi Sembako dari Bumi Waras Terbalik di Tanjakan Gedongair

“Alhamdulillah, dari pihak cateringnya juga menyiapkan makanan yang mudah dikonsumsi para jemaah kita, apalagi jemaah dari Pesawaran kan kebanyakan lansia, sehingga mereka tidak ada masalah untuk makanan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada para jemaah haji, memasuki H-4 puncak ibadah haji agar para jamaah menjaga kesehatan sehingga dapat menyelesaikan segala rangkaian ibadah haji.

“Saya juga meminta kepada para jemaah, agar tidak banyak beraktifitas di luar hotel, karena memang cuaca disini sangat ekstrem, kalau ingin melaksanakan ibadah sunah cukup di maktab saja,” pungkasnya. (Rama)