Helo Indonesia

Ronaldo Cetak Gol Kemenangan Sekaligus Catatkan Rekor Pertandingan ke-200 untuk Portugal

Winoto Anung - Olahraga
Rabu, 21 Juni 2023 14:23
    Bagikan  
Cristiano Ronaldo
Aljazeera

Cristiano Ronaldo - Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya, saat Portugal mengalahkan Islandia 1-0 di Reykjavík, pada kualifikasi Grup J Euro 2024,  20 Juni 2023 [Foto: Árni Torfason / AP Photo]

HELOINDONESIA.COM - Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepak bola pertama yang mencatatkan rekor pertandingan ke-200 untuk Portugal. Ronaldo merayakan pencapaian itu dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-89 saat Portugal mengalahkan Islandia 1-0 di kualifikasi Piala Eropa.

Ronaldo mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan pada hari Selasa melawan Islandia, yang bermain dengan 10 pemain setelah Willum Willumsson dikeluarkan dari lapangan dengan 10 menit tersisa di kualifikasi Euro 2024.

Menyalip rekor 196 caps penyerang Kuwait Bader Al-Mutawa pada bulan Maret, Ronaldo yang berusia 38 tahun dihormati oleh Guinness World Records sebelum kickoff pada hari Selasa karena mencapai 200 pertandingan untuk Portugal hampir 20 tahun setelah dia melakukan debutnya untuk tim nasional.

Dan dia juga merayakannya di akhir pertandingan, setelah mampu mencetak gol kemenangan melawan Islandia dari jarak dekat untuk menjaga Portugal tetap di jalur kualifikasi Euro 2024 dengan kemenangan keempat tim Portugal dari empat pertandingan di Grup J.

Baca juga: MPR RI Sebut Survei Capres Hanya Akal-akalan Lembaga Survei

Menandai penampilannya yang ke-200, akun Twitter resmi tim Portugal menampilkan pesan: “Bagaimana ini dimulai. Bagaimana kabarmu”, di atas gambar Ronaldo muda yang bermain di penampilan awal untuk Portugal bersama dengan foto Ronaldo yang gembira selama pertandingan hari Selasa.

Ronaldo juga menambah rekornya untuk gol internasional pada hari Selasa dengan mencetak gol ke-123 untuk Portugal – menjadikannya malam yang tak terlupakan bagi mantan bintang Real Madrid dan Manchester United itu.

Ronaldo mengatakan dia "sangat bangga" menyelesaikan 200 pertandingan untuk Portugal.

"Sangat senang. Momen seperti itulah yang tidak pernah Anda harapkan, 200 caps. Bagi saya itu pencapaian yang luar biasa,” kata Ronaldo di situs web UEFA. “Tentu saja, untuk mencetak gol kemenangan, itu bahkan lebih istimewa.”

Baca juga: Setelah Aksi Massa Kepung Ponpes Al-Zaytun, Tim Investigasi Berjanji Akan Panggil Panji Gumilang

Ditanya tentang pertandingan paling spesial di antara 199 pertandingan yang dimainkan sejauh ini, Ronaldo tidak bisa memilih satu saja.

“Sulit untuk memilih satu saja. Saya memiliki begitu banyak momen indah. Euro 2016, Liga Bangsa-Bangsa, tetapi ada banyak momen indah, dan itulah mengapa saya lebih suka mengatakan pertandingan berikutnya adalah yang terbaik,” katanya.

Rekan satu tim Ronaldo, Rafael Leao dan Bruno Fernandes, terlihat lebih mungkin untuk memberikan pembukaan dalam pertandingan di Reykjavik, sampai gelandang Islandia Willum Willumsson dikeluarkan dari lapangan dengan 10 menit waktu normal tersisa karena mendapat kartu kuning kedua.

Ronaldo melewatkan beberapa peluang dan mendapat kartu kuning karena melakukan diving pada menit ke-83, sebelum akhirnya mendapatkan gol kemenangan ketika Goncalo Inacio menyundul bola ke depan untuk mencetak gol dari jarak dekat.

Baca juga: Studi Menunjukan Tidur Siang Menjaga Kesehatan Otak

Meski begitu, ada penantian cemas untuk pemeriksaan Video asisten wasit (VAR) sebelum Ronaldo bisa merayakannya dengan gaya khasnya sendiri.

Gelandang Joao Moutinho kini menjadi pemain pria dengan penampilan terbanyak kedua untuk Portugal dengan 146 pertandingan, sementara bek Pepe di urutan ketiga dengan 133 pertandingan. (*)

(Winoto Anung)