bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Menpora Apresiasi Pembangunan GOR dan Youth Center Kendal Senilai Rp 40 Miliar

Ajie - Olahraga
Senin, 29 Mei 2023 20:17
    Bagikan  
Menpora Apresiasi Pembangunan GOR dan Youth Center Kendal Senilai Rp 40 Miliar

Bupati Kendal saat memaparkan rencana pembangunan GOR dan Youth Center Kendal kepada Menpora Dito Ariotedjo. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Groundbreaking atau peletakan batu pertama Pembangunan GOR dan Youth Center di Kabupaten Kendal langsung dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, Senin 29 Mei 2023.

Bahkan, Menpora Dito Ariotedjo juga memberikan apresiasi kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang telah merencanakan pembangunan GOR dan Youth Center dengan menggabungkan satu kesatuan ekosistem dari UMKM, olahraga dan pemuda.

"Saya hadir di sini karena dari awal saya lihat pertumbuhan Kendal ditangan Mas Dico ini, sangat progresif dan dinamis. Pembangunan GOR dan Youth Center ini sangat inovatif. Kita dari Kemenpora sangat mengapresiasi," ujar Menpora.

Bahkan, Dito mengungkapkan dirinya merekomendasikan pembangunan GOR dan Youth Center di Kendal kepada Bupati Manokwari Papua.

"Minggu lalu kita menerima Pak Bupati Manokwari , Papua, yang menceritakan sedang mengusahakan membuat GOR dan Youth Center. Saya minta langsung untuk koordinasi dengan Pemkab Kendal, bagaimana Kendal ini membangun satu kesatuan ekosistem antara UMKM, olahraga dan pemuda," tandasnya.

Menurutnya, pembangunan GOR dan Youth Center di Kendal dapat dijadikan sebagai pilot project di Jawa Tengah.

"Saya rasa kalau GOR ini jadi, nanti kita usahakan untuk Jawa Tengah, NBA Basket mainnya disini, Pro Liga Voli disini," imbuh Menpora.


Telan APBD Rp 40 M


Di hadapan menpora, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menjelaskan, fasilitas yang nantinya akan dibangun di antaranya ruang terbuka umum, kolam renang, facade dan pintu masuk youth center dan creative hub, ruang kuliner dan UMKM, serta ruang komunitas harian.


Dico mengungkapkan, pembangunan GOR dan Youth Center dianggarkan menggunakan APBD Kendal secara bertahap. Yakni melalui APBD Penetapan 2023 dan Perubahan tahun 2023 dengan total anggaran senilai Rp 40 miliar.

"Anggaran keseluruhannya itu Rp 40 miliar. Di penetapan ini kita anggarkan Rp 25 miliar untuk GOR-nya. Nanti di perubahan itu akan kita anggarkan untuk UMKM, Youth Center sama fasilitas umum," terangnya.

Dico berharap, pembangunan GOR tersebut dapat diselesaikan pada akhir tahun 2023 ini. Dan direncanakan pada tahun 2024 mendatang dapat digunakan sebagai tempat penyelanggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Tapi tentunya nanti kita lihat dinamikanya, mudah-mudahan tidak ada persoalan dan permasalahan. Karena direncanakan tahun depan ini akan digunakan untuk Porprov. Karena kita akan menjadi tuan rumah Semarang Raya dan mudah-mudahan GOR ini nanti akan digunakan untuk kejuaraan-kejuaraan Porprov 2024," pungkasnya. (Anik)