bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

KONI Jateng Mulai Monitoring Pelatda PON, Panjat Tebing Bidik Lima Emas

Ajie - Olahraga
Senin, 6 Mei 2024 21:22
    Bagikan  
KONI Jateng Mulai Monitoring Pelatda PON, Panjat Tebing Bidik Lima Emas

Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko dan Ketua Umum FPTI Abdul Hamid foto bersama dengan atlet Pelatda PON XXI cabang panjat tebing.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Awal Mei ini, KONI Jateng memulai program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut, September 2024 mendatang.

Cabang-cabang olahraga Prioritas 1 yang ditarget KONI minimal bisa menyumbangkan minimal tiga medali emas secara serentak memulai Pelatda. Namun KONI secara formal mengawali dengan cabang olahraga panjat tebing di venue FPTI Jatidiri dan pencak silat di GOR Jatidiri.

Baca juga: Tunjang Penulisan Karya Ilmiah, Tim USM Beri Pelatihan Mendeley pada Siswa SMKN 3 Semarang

Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jateng Abdul Hamid SPdI saat menunggui atlet-atletnya di lokasi berlatih, menyampaikan optimismenya para atlet mampu berkontribusi lima emas.

Di arena climbing Jatidiri, dia menerima kedatangan tim monitoring dan evaluasi yaitu Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko, Kabid Diktar Handoyo, Wakabid Organisasi Ismu Puruhito dan Wakabid Sport Tourism Nurkholis.

''Memiliki materi atlet yang sudah berkiprah di event nasional, kami optimistis bisa meraih lima medali emas,'' katanya.

Hadir di arena FPTI Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko, Kabid Diktar Handoyo, Wakabid Organisasi Ismu Puruhito dan Wakabid Sport Turism Nurkholis.

Baca juga: Voli Proliga: Menangi Laga Alot Lawan Petrokimia, Yolla dkk Puaskan Pendukungnya

Adapun yang mengunjungi GOR Jatidiri memonitor pencak silat Wakabid Pembinaan dan Prestasi Agus Raharjo dan Wakabid MSDM Madi. Mereka pun mendapat penjelasan dari Sekum Pengprov IPSI Kuncoro serta pelatih Sigit Infantoro.


''Ya, cabang-cabang olahraga prioritas 1 secara formal memulai Pelatda 1 Mei. Namun karena jadwal yang padat, baru kami bisa melakukan pembukaan secara simbolis hari ini,'' kata Soedjatmiko.

Peluang Emas

Lalu dari nomor saja panjat tebing menargetkan lima emas? Hamid menjelaskan, dua emas dari speed, dua boulder dan satu lead. Atlet yang diandalkan untuk menyumbang ada pada atlet Pelatnas Kiromal Katibin, Alfian Muhammad Fajri, Aditya Tri Syahria, dan Nafatika Asturi yang merupakan atlet prioritas.
Mereka kini berlatih keras di bawah asuhan trio pelatih Krisna Rano, Yoyok Supriyanto, Tri Sundoro serta asisten pelatih Askar Daryanto.


Panjat tebing mempelatdakan 16 atlet, yakni sesuai jumlah yang lolos babak kualifikasi PON. Namun ada beberapa atlet non-Pelatda yang berlatih dai arena FPTI. ''Meskipun tidak ditarget medali emas, semua atlet Pelatda berjuang untuk meraih hasih yang terbaik. Jadi mereka sangat serius dalam berlatih,'' kata Hamid.

Uji Coba
Para atlet berlatih lima hari dalam sepekan, pagi dan sore penuh. Namun ada atlet yang juga menambah waktu latihan pada Sabtu. ''Mereka yang merasa kurang, akan menambah Latihan sendiri pada Sabtu. Ini yang membanggakan,'' ungkap Ketua Komisi E DPRD Jateng itu.

Baca juga: Nonton Drama Korea The Midnight Studio Episode 16 Sub Indo


Di samping Latihan, Hamid menyebut para atlet juga memerlukan uji coba untuk mengukur hasil Latihan. Pihaknya sudah memprogram minimal dua kali try out sebelum beranhgkat ke PON. ''Sekali di sini (Semarang), dan yang kedua ke luar daerah atau kalau mungkin ke luar negeri,'' tandasnya.


Jika uji coba di Semarang, dia akan mengundang provinsi-provinsi di Jawa yang merupakan saingan berat seperti Jawa Timur, Jawa barat dan DKI.


Nama-nama atlet Pelatda Jateng: Kiromal Katibin, Alfian Muhammad Fajri, Aditya Tri Syahria, Nafatika Asturi, Zulkifli Pramudita, Najiha Zahra, Desi Ratna Sari, Bertighna Devi Surya Kusuma, Theresia Putri Aurelia, Ahmad Hafid Robiatturrochim, Afrian Dwisna Zain, Bhetari Toto Dharmawati, Achmad Tegar Prasojo, Arbiyanti Putri Lestari, Ainun Khotinb, Susan Nur Hidayah. (Aji)