Helo Indonesia

Iswar Dilantik Jadi Ketua Umum PBVSI Kota Semarang, Sejumlah PR Mengadang

Ajie - Olahraga
Jumat, 12 Januari 2024 07:51
    Bagikan  
Iswar Dilantik Jadi Ketua Umum PBVSI Kota Semarang, Sejumlah PR Mengadang

Waketum PBVSI Jateng Urip Sihabudin menyerahkan bendera pataka kepada Ketum PBVSI Kota Semarang periode 2023-2027 Iswar Aminuddin. Pengurus PBVSI berpose bersama usai pelantikan. Foto-foto: Aji

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wakil Ketua Umum Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jateng Urip Sihabudin, mengapresiasi pencapaian gemilang tim bola voli indoor Kota Semarang yang mengukir sejarah dengan menyandingkan gelar juara putra-putri dalam Porprov 2023 lalu di Pati Raya.

Pernyataan Urip disampaikan saat melantik Iswar Aminuddin sebagai ketua umum Pengkot PBVSI Kota Semarang masa bhakti 2023-2027 bersama jajaran pengurus lain di Hotel New Puri Garden, Semarang, Kamis malam 11 Januari 2024.

Baca juga: Sikapi Seorang Pelajar Bunuh Diri, Dinas Pendidikan Kota Semarang Intensifkan Konseling di Sekolah

''Kami berterima kasih Pak Iswar kembali memimpin PBVSI Kota Semarang. Apresiasi untuk tim voli indoor kota ini yang menyandingkan emas putra-putri di Porprov. Pesan saya, terus melakukan evaluasi dan pembinaan,'' kata Urip.

foto bersama

Menurut Urip, terpilihnya Iswar yang juga sekda Kota Semarang ini, pada momen yang tepat di tengah animo dan rasa cinta yang luar biasa masyarakat Tanah Air terhadap dunia bola voli. Hal itu dibuktikan dengan viralnya olahraga voli di media sosial.

''Kalau kita mengikuti media sosial, kita akan merasakan begitu tingginya animo masyarakat terhadap bola voli. Apalagi ketika ada atlet Indonesia yang tampil di klub-klub luar negeri. Semoga ini menginspirasi PBVSI Kota Semarang untuk mencetak pemain andal,'' katanya sambil menyebut nama Megawati Hangestri, pemain Daejeon Red Sparks. Srikandi voli Indonesia itu meriuhkan jagat media sosial berkat smesnya yang akurat di Liga Voli Korea.

Baca juga: Kesbangpol Jateng Verifikasi Pengajuan Dana Hibah 200 Ormas di Kendal

Urip yang hadir mewakili Ketua Umum PBVSI Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi itu berpesan, bahwa sejumlah pekerjaan rumah (PR) akan mengadang PBVSI Kota Semarang. Pertama, di tengah prestasi mengkilap di voli indoor, jangan lupa untuk membina dan mengembangkan bola voli pantau atau voli pasir.

Yang kedua, kata dia, Kota Semarang kaya dengan klub voli bahkan diantaranya menjadi legenda dan punya seabrek turnamen. Potensi ini hendaknya dijadikan motivasi untuk menjadi juara di kancah kejuaraan, minimal level provinsi.

''PR berikutnya saya kira soal anggaran dan sarpras. Di mana-mana pembinaan olahraga problemnya sama, yaitu dana. Saya kira dengan posisi Pak Iswar sebagai sekda, bisa menggandeng perusahaan untuk dijadikan bapak asuh. Keberadaan GOR di Semarang itu juga banyak, tapi GOR yang khusus bola voli itu belum punya. Nah, saya kira Semarang butuh sarpras yang representatif,'' tandas Sekwan DPRD Jateng itu.

Hadir dalam acara pelantikan pengurus PBVSI Kota Semarang, Sekretaris Dispora Kota Semarang Sutarni, dan Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara. Hadir pula Guru Besar FIK Unnes Prof Dr Nasuka MKes yang di kepengurusan didapuk sebagai pembina, serta mantan pelatih nasional Sarnam sebagai penasihat.

Pada kesempatan itu, Arnaz berharap di bawah kepemimpinan Iswar, PBVSI Kota Semarang makin berjaya dan profesional. Apalagi, prestasi voli sudah ditunjukkan dalam ajang Porprov 2023.

Baca juga: Ngaku jadi Korban Oknum Nakal PLN, Wanita ini Terpaksa Bayar Denda Fantastis 41,8 Juta

''Yang saya ingat dari Pak Iswar adalah kata profesionalisme. Voli ikut berkontribusi menyumbang emas dari 186 keping yang Kota Semarang raih di Porprov. Prestasi ini hendaknya dipertahankankan pada Porprov 2026 di Semarang Raya, '' harapnya.

Prestasi Terbaik

Ketua Umum PBVSI Semarang Iswar Aminuddin berjanji untuk memberikan prestasi terbaik di tingkat Jateng. Dia ingin ke depan, bola voli pantai Kota Semarang bisa mengikuti jejak voli indoor untuk bisa bersaing di level Jateng.

Dia mengakui, banyak PR di depan mata bagi induk organisasi olahraga yang dipimpinnya. Beruntung, dia didampingi para pengurus senior yang mau 'turun gunung', salah satunya Daniel Toto Indono yang kini menjabat sekum.

''Pak Toto itu pernah bilang ke saya, 'Pak Sek, Pak Ketua, saya mau turun gunung. Mari kita bawa voli Semarang berprestasi di tingkat nasional'. Kata-kata ini seperti mantra untuk memotivasi saya mengangkat prestasi voli. InsyaAllah kita akan capai,'' tandasnya.

Baca juga: Menparekraf Tegaskan Spa Wellness Tidak Terkena Pajak Hiburan Seperti Diskotik atau Karaoke

Iswar juga mengungkapkan, mengurusi dunia olahraga ternyata membutuhkan sentuhan tersendiri. Dia lalu membandingkan perbedaan mengelola olahraga dengan tugasnya sebagai sekda.

''Kalau sekda itu kari mlaku thok (tinggal jalan), karena anggarannya sudah tersedia. Olahraga ada dinamikanya, kompleks kebutuhannya, harus semangat juang tinggi dalam membina maupun mencari anggaran,'' bebernya.

Namun dia optimistis, karena memiliki pengurus yang punya komitmen tinggi, program pembinaan voli di Semarang bisa berjalan baik, bisa membantu KONI Kota Semarang dan Pengprov PBVSI Jateng dalam kontribusi atlet.

Tak lupa, dia mengajak semua lini untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan, agar PBVSI Kota Semarang bisa solid.

Susunan Pengurus PBVSI Kota Semarang 2023-2027:
Ketua Umum: Iswar Aminuddin
Ketua Harian: Tri Widayat
Sekretaris Umum: Daniel Toto Indiono
Wasekum: Ahmad Fahmi Hidayatullah
Bendahara Umum: Suyono
Wakil Bendum: Widya Noor Prabandari

Ketua I Bidang Organisasi: Purdianto
Seksi Pemandu Bakat: Ading Rochayadi
Seksi Pembinaan Perkumpulan/Klub: Edi Murseno
Seksi Litbang: Bambang Fatmanto
Seksi Humas dan Publikasi: Krisnaji Satriawan

Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi: AM Winarno Subowo
Seksi Kepelatihan Indoor: Muji Hartono
Seksi Perwasitan Indoor: Suyadi
Seksi Kepelatihan dan Perwasitan Pantai: Agus Sutarto

Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan: Fajar Widodo, Erwin Nizar Priambodo
Seksi Umum dan Sarpras: Eko Winarso
(Aji)