Helo Indonesia

Borobudur Marathon 2023 Dilepas Menpora, Pj Gubernur Jateng Siapkan Bonus bagi Pemecah Rekor dan Juara  Young Talent

Restiyan Ningsih - Olahraga
Minggu, 19 Nov 2023 09:02
    Bagikan  
Borobudur Marathon 2023
Foto: Aji

Borobudur Marathon 2023 - Pelari Borobudur Marathon 2023 dilepas Menpora

HELOINDONESIA.COM - MAGELANG  -; Menpora  Ario Bimo Nandito Ariotedjo melepas 10.469 pelari dalam lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Minggu pagi 19 November 2023.

Para pelari terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu marathon yang start pukul 05.00 WIB, half marathon pukul 05.30 dan terakhir  10 km dengan peserta umum dan Young Talent pilihan berusia 15-18 tahun.

Menpora mengatakan salut atas antusiasme peserta yang tinggi dalam Borobudur Marathon (BorMar). Dua mengucapkan selamat menikmati keindahan candi Borobudur dan alam Kabupaten Magelang.

Baca juga: Tiga Kecelakaan di Jatim Terjadi Hampir Bersamaan 6 Orang Tewas, Empat Pelajar Tulungagung Terlindas Dum Truck

"Saya kira ini even yang ajaib dan menjadi andalan maraton di Indonesia. Luar biasa peminatnya. Ada runner  internasional dari 24 negara. Ini kesempatan bagus bagi pelari nasional kita untuk bersaing dan belajar," katanya.


Menurut Ario,  BorMar tahun 2023 sangat tepat mengusung tema "Voice of Unity" yang mendorong  masyarakat untuk bersatu.

Hadir dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Plt Dirut  Bank Jateng Irianto Harko Saputro dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Di bagian lain, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana berharap ke depan BorMar makin berkualitas dan menjadi event yang berstandar dunia.

Baca juga: Ampuh Cegah Penyakit, Inilah 4 Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada penyelenggaraan BorMar tahun ini memang mendatangkan Delegasi Teknis Internasional untuk World Athletics Richard Welsh. Harapannya BorMar bisa menjadi panggung lari level dunia.

Pada kesempatan itu, Nana menyiapkan bonus bagi pelari marathon yang berhasil melewati catatan rekor nasional  Eduardus Nabunome yaitu 2 jam 19 menit 18 detik.

Bonus yang disiapkan sebesar Rp 100 juta. Sayangnya hingga finish pagi tadi, belum ada pelari yang mematahkan rekor Edu, panggilan mendiang Eduardus Nabunome.

Nana juga menyediakan bonus tambahan bagi pelari Young Talent yang berhasil menyentuh garis akhir pertama, kedua, ketiga yaitu Rp 15 juta, 10 juta, dan Rp 5 juta.

"Selamat berlomba, jadilah pelari tercepat sampai garis finish" tandasnya  (Aji/Ade)