Helo Indonesia

Depok Dicibir, Netizen Bandingkan Dengan Solo, Angka Kemiskinan Jadi Sorotan

Drajat Kurniawan - Nasional
Senin, 12 Juni 2023 11:06
    Bagikan  
Baliho Kaesang Pangarep di Kota Depok
Foto : Tangkapan Layar

Baliho Kaesang Pangarep di Kota Depok - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kerap menyebut Depok selama ini, dikuasai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selalu menang dalam empat kali perhelatan pemilihan wali kota (pilwakot).

Karena itu, PSI getol mendorong putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep maju menjadi calon Wali Kota Depok Jawa Barat.

Kaesang Pangarep sendiri sudah mendeklarasikan diri siap menjadi Depok pertama. Deklarasi kesiapan Kaesang menjadi cawalkot Depok beredar via video viral.

Alhasil, sikap PSI tersebut, menuai sorotan netizen. Lini masa jagad Twitter, viral soal komentar netizen yang membandingkan Depok dan Solo.

Baca juga: Gak Sebut Anies Baswedan, Imam Besar FBR Kiai Lutfi Tawarkan Hadi Tjahjanto Cawapres Ganjar atau Prabowo

Kenapa membandingkan dengan Solo? Saat ini kakak kandung dari Kaesang yaitu Gibran Rakabuming tengah menjabat sebagai walikota Solo. Karena PSI terus mendorong adik Gibran yaitu Kaesang untuk maju di Pilwalkot Depok, netizen mulai menyoroti kota Solo.

"Kata @PSI, Depok wilayah Tertinggal karena dikuasai PKS. Menurut data BPS diberita ini sebaliknya. Jadi yang lebih bisa mengatasi kemiskinan Walkot Depok dan gub Jabar atau Walkot Solo dan Gubernur Jateng," tulis akun @ronavioleta.

Pemberitaan dimaksud yaitu, dilansir dari salah satu media online, disebutkan, tingkat kemiskinan di Kota Depok yang berpenduduk sekitar 2,1 juta jiwa pada 2022 hanya 2,53 persen. Pada saat yang sama, dari 522 ribu penduduk Kota Solo, tingkat kemiskinan cukup tinggi di angka 9,4 persen. Data tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Tambah Guru Besar Bidang Psikologi, Ini Harapan Rektor USM

Netizen lain menganggap wajar jika angka kemiskinan Kota Depok lebih kecil dibandingkan kota Solo. Depok dinilai sebagai kota peyangga Ibukota.

"Depok itu penyangga jutaan orang2 yg kerja di jakarta, jadi wajar kalo kemiskinan kecil," timpal @manusiarombeng.

Namun sebagian netizen berkomentar pernyataan PSI tidak berdasarkan data. PSI hanya partai non parlemen yang ingin trlihat eksis.

Baca juga: Jeruk, Garam, Gula, dan Madu, Benarkan Resep TikTok untuk Obati Batuk Ini Ampuh?

"PSI asal mangap, tidak berdasarkan data," kata akun @awak_awaw.

"Atuh PSI dianggap, biakan dia punya kahyangan, siapa tahu tahun depan punya 1 kursi di Depok," sahut akun @dadangbudi.