Helo Indonesia

Tambah Guru Besar Bidang Psikologi, Ini Harapan Rektor USM

Senin, 12 Juni 2023 06:44
    Bagikan  
Tambah Guru Besar Bidang Psikologi, Ini Harapan Rektor USM

Rektor USM Dr Supari ST MT bersama guru besar yang baru, Prof Dr Rini Sugiarti MSi Psi

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Bertambahnya guru besar, diharapkan Universitas Semarang (USM) dapat berkontribusi untuk menata pendidikan karakter secara signifikan dan relevan terhadap problem pekerjaan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Rektor USM, Dr Supari ST MT dalam pengukuhan Guru Besar Bidang Psikologi, Prof Dr Rini Sugiarti MSi Psi di Auditorium Ir Widjatmoko USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada 10 Juni 2023.

Supari mengatakan, masalah ketenagakerjaan di negeri ini adalah tanggung jawab bersama, termasuk USM.

''Kami berharap, hal ini dapat membantu perguruan tinggi khususnya USM dalam menyiapkan SDM, ikut membantu membangun ekosistem, dan menjaga motivasi para generasi angkatan kerja sehingga percaya diri bukan hanya scaled dan well educated, tetapi juga nasionalis dan religius,'' pungkasnya.

Baca juga: Ganjar Sowan ke Tokoh NU Sumatra Utara di Ponpes Al Kautsar, Didoakan dan Dihadiahi Raja Ulos

Menurutnya, Prof Rini merupakan guru besar ke delapan di USM dan guru besar ke dua di fakultas psikologi USM setelah Prof Dr Hardani.

''USM melalui Fakultas Psikologi dapat menjadi lebih kuat dalam berkontribusi terhadap pengembangan SDM di Indonesia. Selain itu, kami juga memiliki visi dalam pengembangan IPTEK dan berke-Indonesiaan,'' katanya.


Ucapan Selamat


Hadir dalam pengukuhan itu antara lain Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr Hj Ida Fauziyah MSi, Rektor USM Dr Supari ST MT, Anggota Pembina Yayasan Alumni Ir Soeharsojo IPU, Drs Kodradi, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Kepala LLDikti Wilayah VI, Bimo Widyo Handoko SH MH, Senat USM Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog, mantan Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM dan sejumlah kolega.

Puluhan karangan bunga memberikan ucapan selamat datang dari para kolega antara lain Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MP, Wali Kota Semarang Ir Hj Hevearita G Rahayu MSos, Kepala Pusat Psikologi TNI Laksda TNI Dr Wiwin D Handayani MSi Psi, Dapen Pelindo Jakarta dan Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Indonesia.

Baca juga: Tim FE USM Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan ke Pelaku UMKM Gerai Kopimi Kelurahan Mlatiharjo

Dari perguruan tinggi, karangan bunga datang dari Universitas Airlangga, Universitas Borneo Lestari UBL, Universitas Surabaya, Universitas PGRI Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas 17 Agustus Surabaya, dan Universitas Palangka Raya.

Dalam kesempatan itu, Prof Rini Sugiarti berorasi ilmiah tentang “Implementasi Pendidikan Karakter: Paradigma Pengelolaan Sumber daya Manusia (SDM) dalam Menghadapi Kompetisi Global”.

Sejak tahun 2020, sebanyak 49 penelitian telah dia lakukan. Penelitian terbaru Prof Rini berjudul "Work From Home: A Behavorial Model of Indonesian Education Workers Productivity During Covid-19".

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM mengatakan, harus ada sinergi dari perguruan tinggi dengan industri sehingga dapat berkolaborasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Baca juga: Desa Wisata Besani Batang, Usung Konsep Akulturasi Jawa-Cina dan Lolos Terbaik ADWI 2023

"Kami ingin Universitas Semarang unggul tidak hanya dibidang keilmuan tetapi juga karakter dan bermanfaat. Dengan bertambahnya guru besar, kita dapat membuat suatu multidisiplin untuk berkolaborasi untuk membuat sebuah model pembelajaran sehingga dapat menghasilkan mahasiswa yang berkarakter dan berintegritas," harapnya

"Kami juga berharap, hal ini dapat mendorong dan memotivasi para dosen USM agar dapat tertular meraih gelar profesor," tandasnya. (Aji)