Helo Indonesia

Tak Lama Tiba di Madinah Jemaah Haji asal Gresik dan Bangkalan Meninggal Dunia

Edo - Nasional
Minggu, 28 Mei 2023 18:50
    Bagikan  
PEMAKAMAN
istimewa

PEMAKAMAN - Ilustrasi pemakaman jemaah haji di Madinah

HELOINDONESIA.COM - Tak lama setelah tiba di Madinah, dua jemaah haji kloter 9 Gresik dan kloter 1 Bangkalan, Jawa Timur meninggal dunia.

Kedua jemaah haji itu atas nama Ahmad Suhadak Riduwan (53) asal Gresik meninggal pukul 09.00 waktu setempat dan Langen Delem Dussalam (90) asal Bangkalan meninggal pukul 22.00 waktu madinah pada Sabtu (27/5/2023).

Husnul Maram, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya menjelaskan jumlah jemaah haji Embarkasi Surabaya, yang meninggal saat ini mencapai 5 orang.

"Tiga orang meninggal di daerah, sebelum berangkat ke tanah suci dan dua orang meninggal di tanah tanah suci. InsyaAlloh husnul khotimah meninggal ditempat yang penuh barokah," jelas Husnul Maram. kepada wartawan di Surabaya, Minggu (28/5/2023).

Husnul Maram mengingatkan kepada jemaah agar supaya menjaga kondisi kesehatan selama di tanah suci.

Baca juga: Berusia 119 Tahun, Mbah Harun Jadi Jemaah Haji Tertua dari Indonesia, Tiba di Madinah Sehat

Mengingat suhi di tanah suci saat ini bisa mencapai antara 42 derajat celcius hingga 50 derajat celcius.

Untuk itu Husnul Maram mengingatkan agar para jamaah harus banyak minum air, untuk mencegah dehidrasi.

Begitu juga dengan alas kaki, Maram juga mewanti-wanti agar membawa sendiri alas kaki, karena suhu jalan juga panas, sewaktu-waktu harus siap.

"Alas kaki dibawa sendiri-sendiri, jangan dititipkan teman, atau suami istri ketika masuk masjid, sehingga ketika keluar masjid sudah siap, tidak terbawa orang lain," kata Maram.

Baca juga: Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba, di Saudi Arabia Disebut Inisiatif Rute Mekkah

Hal ini sepele tetapi menurut Husnul Maram ini sangat penting, karena jika tidak mengenakan alas kaki telapak kaki bisa melepuh karena panasnya jalan.

Khususnya membagi waktu Husnul Maram berpesan agar para jemaah haji bisa memanfaatkan waktunya sebaik-baiknya supaya pelaksanaan kegiatan inti ibadah haji kondisi dapat terjaga.

Dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya hingga Minggu ini telah memberangkatkan sebanyak 11 kloter dengan total jemaah 4.906 orang terdiri dari 4.851 jemaah dan 55 petugas haji.

Sebanyak 3 kloter pada Minggu (28/5/2023) masuk ke asrama Haji Sukolilo Surabaya, yakni Kloter 12 dan 13 asal Blitar, dan Kloter 14 dari Kabupaten Magetan. **