bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Polda Metro Jaya Peringati Hari Lahir Pancasila

Aris Mohpian Pumuka - Nasional
Sabtu, 1 Juni 2024 12:33
    Bagikan  
Upacara Pancasila
Ist

Upacara Pancasila - Polda Metro Jaya menggelar upacara Hari Lahir Pancasila (1/6)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Hari Lahir Pancasila 1 Juni menggema di mana-mana. Tidak cuma Presiden Joko Widodo yang memperingati di Dumai, Provinsi Riau. Polda Metro Jaya pun menggelar upacara Hari Lahir Pancasila.

Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya di Jakarta, pada Sabtu pagi (1/6). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto bertindak sebagi Inspektur Upacara.

Gelaran tersebut diikuti oleh para Pejabat Utama, perwakilan anggota Polri dan PNS dari seluruh perwakilan Satuan Kerja Polda Metro Jaya.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Metro Jaya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. "Tanggal 1 Juni adalah pertama kalinya Soekarno sebagai Bapak Pendiri Bangsa, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)," kata Kapolda Karyoto. 

Baca juga: LINK Live Streaming Final Champions League : Borussia Dortmund Vs Real Madrid, Dini Hari Nanti Tonton Disini !

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini, katanya, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dia katakan, patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusifitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Baca juga: Tips Merawat Bulu Mata Agar Tetap Sehat dan Tidak Rontok

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya. 

Pancasila, menurutnya, merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

"Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," katanya. 

Baca juga: KONI Jawa Tengah Minta Cabor Muaythai Ulangi Kejayaan di PON Papua

Dengan semangat Pancasila yang kuat, ia yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Tags