bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jembatan Gantung Pragak Bisa Runtuh Jika Dibiarkan, Baut Jembatan Banyak yang Hilang Dicuri Tangan-tangan Setan

Edo - Nasional
Selasa, 30 April 2024 16:05
    Bagikan  
JEMBATAN PRAGAK
instagram @dolanmagetan

JEMBATAN PRAGAK - Jembatan Gantung Praga yang membahayakan keselamatan warga jika dibiarkan karena banyak baut hilang dicuri orang tak bertanggungjawab

HELOINDONESIA.COM - Baru diresmikan Desember 2023 lalu, kini Jembatan Pragak yang menghubungkan antar desa di wilayah Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menemui masalah.

Jembatan yang menghubungkan Desa Pragak dengan Desa Mategal bisa membahayakan keselamatan yang melintasi di jembatan dengan bentang 80 meter ini.

Masalah yang dihadapi jembatan ini karena banyak baut-baut yang hilang karena dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, warna memperkirakan sekitar 50 baut jembatan hilang.

Baca juga: Truk Terjun Bebas ke Dalam Sungai di Milangsari Magetan, Beruntung Sang Pengemudi Hanya Patah kaki

Seorang warga Muhyar mengatakan pencurian baut jembatan baru diketahui setelah Lebaran 2024 kemarin, warga yang melintas merasakan ada yang berbeda dengan jembatan itu.

Kemudian sejumlah warga bernisiatif untuk memeriksa bagian-bagian jembatan, ternyata banyak baut yang hilang di tiang utama bagian selatan masuk desa Mategal.

"Total ada sekitar 50 baut hilang, membuat konstruksi hembatan menjadi bahaya untuk dilintasi," kata Muhyar kepada wartawan di Magetan, Sabtu (27/4/2024).

Baca juga: Dua Petani Maospati Magetan Tertimpa Rumpun Mambu Satu Tewas, Anda Perlu Waspada Saat Terjadi Hujan Angin

Namun menurut Muhyar ada unsur lain dibalik hilangnya baut-baut tersebut, sebab jika dijual nilai baut itu juga tidak seberapa, ia menduga ada unsur sabotase.

Menurutnya, jika dihitung 50 baut itu diperkirakan seberat 5 kg jika dijual harganya sekitar Rp25 ribu, itu sebabnya ia menduga ada unsur sabotase dibalik itu semua.

Bahkan warga juga sudah berinisiatig melaporkan ke pihak Polsek Parang dan CV yang mengerjakan proyek itu untuk segera ditindak lanjuti.

Baca juga: Drama Kecelakaan Mobil Terguling Rombongan asal Tuban di Tikungan Lawu Magetan

Jembatan Gantung Pragak memiliki bentang 80 meter, menghubungkan Desa Mategal dan Desa Pragak yang kini dimanfaatkan oleh warga sebagai akses pertanian, perkebunan, dan pendidikan dan kegiatan lainnya.

Warga sendiri mengaku sangat senang dengan adanya jembatan gantung ini bisa mempererat tali silaturahmi kedua desa yang sebelumnya dibatasi oleh jurang yang dalam.

Diketahui, Jembatan Pragak dibangun oleh Kementerian PUPR pada 2023 lalu.

Baca juga: Truk Mengangkut Obat Nyamuk Masuk Jurang di Magetan Begini Kronologinya

pembangunan jembatan ini sepaket dengan dua jembatan lain dalam Lingkup Pekerjaan Paket Pembangunan jembatan Gantung Jatim III.

Yakni, Pembangunan Jembatan Gantung Desa Pragak kabupaten Magetan sepanjang 80 meter, Pembangunan Jembatan Gantung Desa Tegalsari Kabupaten Ponorogo sepanjang 80 meter, Pembangunan Jembatan Gantung Desa Gedangan Kabupaten Ponorogo sepanjang 80 meter.

Nilai kontraknya Rp8,6 miliar dengan penggarap yakni PT Dewi Baraja Group asal Bangkalan, Jawa Timur. **