Helo Indonesia

Banjir Rop Pantai Selatan Trenggalek, Sampah Berserakan di Sekitar Pantai, Masyarakat agar Waspada Potensi Gelombang Tinggi Lagi

Edo - Nasional
Kamis, 14 Maret 2024 07:58
    Bagikan  
BANJIR ROB
tangkapan layar

BANJIR ROB - Gelombang tinggi pantai Selatan Trenggalek menyebabkan banjir rop di sekitar pantai Trenggalek, Jawa Timur

HELOINDONESIA.COM - Banjir rob melandan pantai selatan khususnya di Kabupaten Trenggalek, menyebabkan sejumlah kios lapak dan warung di area wisata diterjang air pasang.

Ini merupakan fenomena yang terjadi sejak Selasa (12/3/2024) hingga berlanjut sampai sekarang air laut terus menggenang hingga kawasan pedagang di pantai, Kamis (15/3/2024).

Tidak ada laporan korban jiwa maupun atau kerusakan berat akibat kejadian itu, namun sampai dari laut berserakan di pinggir pantai dan jalan akses di sekitar lapak dan bangunan.

Baca juga: Sambil Belajar Bikin Besek Bareng Warga Trenggalek, Atikoh Ganjar Kenalkan Kartu Sakti

Menurut petugas BPBD Trenggalek, Adi Muji Prasetyo genangan air laut itu menyebabkan sampah berserakan dan sebagian warung tidak semi permanen porak poranda.

"Yang lebih banyak masalah adalah sampah yang terbawa ke daratan," kata Adi Muji kepada antaranews, Selasa (14/3/2024).

Menurut informasi rob melanda hampir semua kawasan pesisir pantai Trenggalek mulai dari pesisir selatan Kecamatan Panggul, Munjungan, hingga Teluk Prigi.

Bahkan rob juga terjadi di pesisir selatan Kabupaten Pacitan yang ada di sebelah barat Trenggalek, maupun di kawasan pesisir Kabupaten Tulungagung dan Blitar.

Baca juga: Terjadi Perkelahian Antar Perguruan Pencak Silat, Konser Happy Asmara Bubar Saat Acara Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

Saat ini air laut sudah mulai surut sehingga warga sudah mulai beraktivitas, di antaranya adalah gotong royong membersihkan sampah yang terbawa ke daratan hingga membenahi warung.

Meskipun air sudah mulai surut, warga pesisir diimbau untuk selalu waspada apabila terjadi gelombang susulan ombak yang lebih besar.

Potensi itu tidak menutup kemungkinan terjadi seiring potensi cuaca ekstrem sehingga mengakibatkan banjir rob yang terjadi saban tahun.

Baca juga: Gempa Mengguncang Wilayah Pacitan - Trenggalek - Ponorogo Magnitudo 5,7 SR

Kejadian banjir laut di pesisir Pantai Konang ini merupakan kejadian tahunan, yang terjadi setiap tahun antara Maret atau Mei.

Semetara Kepala BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi mengatakan, berdasarkan peringatan dini dari BMKG, diprediksi selama tiga hari kedepan akan terjadi gelombang tinggi dan kecepatan angin yang luar biasa.

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Jalan Lintas Selatan Tulungagung-Trenggalek

Dihimbau kepada masyarakat pesisir selatan Kabupaten Trenggalek untuk tetap waspada terhadap gelombang tinggi laut dan angin kencang, saat beraktivitas dan melaut.

"Saat ini sedang terjadi cuaca ekstrem di pesisir selatan. Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan patuhi aturan yang ada," pungkasnya. **