Helo Indonesia

Presiden Joko Widodo Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata

Jumadi - Nasional
Kamis, 9 November 2023 14:50
    Bagikan  
Peresmian PLTS
screenshot of youtube

Peresmian PLTS - Dalam peresmian tersebut, Presiden didampingi sejumlah menteri

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata yang berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (9/11/2023).

Menurut Presiden, PLTS ini termasuk dalam salah satu PLTS terbesar di kawasan Asia Tenggara bahkan dunia.

Dalam keterangannya kepada pers, Presiden Jokowi mengatakan bahwa keberadaan PLTS sebagian besar dimanfaatkan untuk mendukung keperluan industri energi hijau.

“Memang permintaan untuk yang green energy untuk industri itu yang paling banyak karena semuanya pengin mendapatkan produk-produk premium dari green energy,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Tokoh Buruh ini Sebut Capres Prabowo Subianto Hobby Umbar Janji Tapi Palsu

Presiden Jokowi juga mendukung pembangunan energi baru terbarukan (EBT) lain secara konsisten di Indonesia.

“Kita harapkan akan makin banyak energi baru terbarukan yang dibangun di negara kita Indonesia, baik itu tenaga surya, hidropower, geotermal, tenaga angin. Saya kira kalau terus secara konsisten kita laksanakan seperti ini akan sangat baik,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa terdapat sejumlah investor asing lainnya yang tertarik untuk berinvestasi dalam pembangunan EBT di Tanah Air.

Namun, Presiden menginginkan pembangunan tersebut dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan Gelar 5 Kali Debat Capres-Cawapres, Terdapat 6 Segmen

“Kalau (investor asing) yang antre banyak, tapi kita inginkan satu-satu, satu selesai bisa ditingkatkan lagi tidak semua kita terima. Tapi kita yang kedua ini mungkin agak gede lagi hidropower tapi memang belum final,” ucapnya.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri PEA Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan, dan Chief Executive Officer (CEO) Masdar Mohamed Jameel Al Rahami.