Benarkah Makan Telur jadi Penyebab Timbulnya Jerawat?

Selasa, 4 Juli 2023 18:51
Telur dadar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Foto: HalodocID

HELOINDONESIA.COM - Ada sebagian orang yang alergi untuk makan telur. Ada juga yang memang sejak kecil tak suka masakan dari telur, baik dikukus ataupun digoreng.

Beberapa orang beralasan bahwa makan telur bisa memngakibatkan berbagai masalah penyakit di kulit. Terutama bisa menyebabkan jerawat di wajah.

Padahal, telur merupakan makanan favorit dan banyak digemari. Tapi menjadi dilema bagi sebagian orang yang khawatir dengan banyak makan telur mengakibatkan jerawat di wajah.

Selain sumber nutrisi yang kaya, telur juga banyak  mengandung berbagai zat penting untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Cek Lokasi, Menteri PUPR Basuki akan Tambah Akses JIS dan Ganti Rumput Stadion

"Dari pada bingung, nih aku spill jawabannya!" demikian utas akun Twitter HalodocId pada Selasa (4/7/2023).

Tidak dipungkiri bahwa ada juga orang yang memang alergi terhadap telur yang bisa bikin jerawatan. Tapi jangan menghakimi telur lebih dulu apakah benar menjadi sumber jerawat.

Karena itu penting untuk berkonsultasi ke dokter kulit mencari tau sumber penyebab timbulnya jerawat.

Yang pasti, sebelum jerawat muncul, baiknya lakukan perawatan di wajah.

1. Cuci wajah rutin 2 kali sehari
2. Hindari kebiasaan menyentuh wajah
3. Jangan memencet jerawat
4. Hindari stres dan tidur yang cukup
5. Biasakan pakai produk pembersih yang cocok dengan jenis wajah

Kalau kemudian upaya tersebut sudah dilakukan dan jerawat tetap muncul tiap abis makan telur, maka perlu dicek lebih detail nih.

Baca juga: Unggul di Hardware, Diklaim Mampu Dinginkan Chipset Ponsel Menyeluruh, Intip Spek Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Pro

Karena memasak telur dengan minyak goreng yang berlebihan pun bisa memicu produksi kelenjar minyak di wajah, memengaruhi metabolisme dan produksi hormon-hormon tertentu sehingga mempermudah timbulnya jerawat.

Lalu, bener gak sih makan telur bisa bikin jerawatan?

"Jawabannya salah ya, gaes. Justru yang bisa bikin jerawatan adalah makanan yang punya kadar indeks glikemik yang tinggi. Sedangkan telur, punya kadar indeks glikemik 0," jelas HalodocId.

Sebenernya jerawat bisa muncul akibat beberapa faktor, di antaranya infeksi karena kurang jaga kebersihan wajah, kebiasaan menyentuh wajah sembarangan dengan tangan kotor, pengaruh keseimbangan hormon dan proses metabolisme tubuh.

Baca juga: Jangan Coba-coba Parkir Sembarangan di Tanah Abang, Nasibnya Bakal Seperti Mobil ini

Berikut manfaat makan telur:

Pertama, mengandung protein berkualitas tinggi. Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut.

Kedua, mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak dalam telur terutama terkonsentrasi di kuning telur.

Ketiga, telur kaya akan vitamin B kompleks, seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), dan asam folat. Vitamin B berperan dalam fungsi saraf, metabolisme energi, dan produksi sel darah merah.

Keempat, telur mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: Body Masih Tebal, Tak Dilengkapi Fast Charging, Apa yang Bikin iPhone 14 Pro Max Seharga Nmax?

Kelima, telur mengandung mineral penting seperti zat besi, seng, dan selenium. Zat besi diperlukan untuk transportasi oksigen dalam tubuh, sementara seng dan selenium berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan.

Keenam, telur mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

Berita Terkini