Airlangga Memang Lihai Ngolah Kubangan Lampung

Selasa, 20 Juni 2023 13:54
Airlangga Memang Lihai Ngolah Kubangan Lampung

Oleh Herman Batin Mangku *

KAWAN saya saling toleh, saling menatap, tanpa kata-kata ketika sama-sama membaca link berita dari telepon genggam pernyataan Airlangga Hartarto bahwa Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lihai. Di saat warga nitizen "merujaknya", Ketum Golkar itu melibasnya dengan hanya satu kata: lihai.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lihai bermakna pintar; cerdik, cekatan, pandai (menipu dan sebagainya). Saya yakin seyakin-yakinnya yang dimaksud Airlangga adalah pintar, cerdik, dan cekatan, bukan pandai tipu menipu atau makna negatif lainnya.

Karena kelihaian Arinal, menurut Ketum Partai Golkar itu, Presiden Jokowi sampai menggelontorkan dana perbaikan 15 ruas jalan di Provinsi Lampung. Pujiannya dilontarkannya di depan para kader partai saat Rakernas Partai Golkar 2023 di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/2023). 

"Pak Gubernur Lampung ini lihainya luar biasa. Dia viralkan (jalan rusak) yang viral itu dan sekali kunjungan (Jokowi) dapat Rp800 miliar," ungkap Airlangga disambut riuh peserta Rakernas Partai Golkar. "Itulah pemain Partai Golkar," imbuh Airlangga.

Baca juga: Fakultas Hukum USM Gelar Seminar Nasional dan Teken Kerja Sama dengan FH Unnes

Saya tak mau membahas siapa sebetulnya yang memviralkan jalan rusak tersebut, apakah benar Gubernur Arinal, Tiktoker Bima Yudho Saputro, atau pahlawannya malah Gindha Ansory Wayka yang melaporkan Bima ke Polda Lampung sehingga meledaklah kegaduhan tersebut?

Atau barangkali, perbaikan infrastruktur itu sudah jauh hari direncanakan Pemerintah Pusat agar lancar akses angkutan barang dari dan ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tak hanya di Provinsi Lampung, provinsi lain juga.

Namun, setelah disenggol Bima dan "terbakarnya" pemangku, "Sang Hero" pun datang "dramatis" naik sedan Mercy S600 Guard di jalan kubangan Kota Baru dan dilanjut ke jalan kubangan di Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023),"

Saya justru tertarik pada kelihaian Airlangga. Di saat salah seorang ketua DPD partainya kena rujak se-Tanah Air, Arinal Djunaidi, sebagai panglima perang jelang Pemilu 2024 tentu saja harus membangkitkan moral tempur para perwiranya apalagi yang lagi "terpuruk" jadi bulan-bulanan warga nitizen.

Di poin ini, Airlangga sukses memperlihatkan kelihaiannya sebagai pemimpin partai yang selalu lihai berada pada posisi lima besar perolehan suara setiap pemilu dan selalu masuk kabinet siapa pun yang berkuasa. Meminjam kata-katanya,"Itulah pemain Partai Golkar."

Dengan kelihaian Arilangga hanya dengan satu kata "lihai" itu, dampaknya langsung "dibayar kontan". Ketua DPD Partai Golkar Lampung itu terlihat kembali percaya diri.

Sampai-sampai, mungkin sangking girangnya, semangatnya, mendapatkan energi baru, sesi foto bersama para ketua DPD Golkar lainnya di akhir acara, Arinal sempat ingin berfoto di samping Airlangga, posisi jatahnya Sekjen DPP Golkar Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus.

Baca juga: Nonton Bola di GBK, Jokowi Jejerkan Prabowo-Erick Thohir, Netizen: Kode Empuk, Pasangan Serasi Capres Cawapres

Padahal, dua hari sepulang Presiden Jokowi dari Lampung, dalam rangka Halal Bihalal DPD PAPPRI di rumah Andi Ahmad, Minggu (7/5/2023), seorang panitia berbisik kepada saya agar tak memfoto dan memvidiokan Arinal. Bahkan, sebelum acara, pembawa acara mengatakan hal yang sama.

Pelaksanaan Harian (Plh) Kadis Kominfotik Lampung Achmad Saefullah sempat merentangkan tangan agar wartawan tak meliput acara pelantikan tiga penjabat (pj) bupati, Senin (22/5/2023). Hanya lima media online dan lima media cetak yang diizinkan, televisi dilarang masuk.

Sebelumnya, Senin (15/5/2023), Arinal melarang wartawan merekam pidatonya ketika Sosialisasi dan Pembinaan Pelayanan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023 di Hotel Springhill Golden Tulip, Kota Bandarlampung.

Bahkan, dia sempat meminta wartawan untuk menghapus rekaman milik salah satu wartawan televisi nasional karena tak ingin kegiatannya viral lagi. Tegurannya malah jadi viral, alasan jurnalis mereka diundang Diskominfotik Lampung.

"Jangan diviralin dulu (sambil menunjuk), hapus semua. Saya pusing, sebentar sebentar viral, sebentar sebentar diviralin, nanti dibuat Gubernur marah karena ini itu, jadi netizen. Ini semua saudara-saudara saya kok, jadi kamu awas ya, Kamu kominfo ya," kata dia, Senin (15/5/2023).

Jelas, komentar Airlangga bahwa Arinal lihai sehingga Lampung mendapatkan Rp800 miliar untuk perbaikan infrastruktur merupakan energi luar biasa. Kucuran Rp800 miliar itu yang kemudian muncul pada setiap pidatonya di sisa waktu purnabakti periode pertamanya.

Baca juga: Dikenal Sebagai Penyedap Aroma Khas Makanan, Tanaman Basil juga Miliki 4 Manfaat untuk Kesehatan

Airlangga memang lihai membalikkan moral garda terdepan partainya menang di Lampung. Tak mungkin Arilangga bisa berada pada tampuk tertinggi Partai Golkar jika tak lihai. Dia beberapa kali membuktikan kelihaiannya, antara lain pada pemilihan periode keduanya, Munas Golkar 2019 di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Ketika dirinya ditempel ketat Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang mendapatkan dukungan politik yang cukup kuat dari kader daerah sempat membuat kader partai beringin gaduh dan terbelah menjadi dua kubu yang saling tuding dan jegal.

Airlangga membuktikan kelihaiannya berhasil kembali mempertahankan kursinya. Usai bertemu politikus senior Golkar Luhut Binsar Pandjaitan yang selama ini dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan Jokowi, Bamsoet menyatakan mundur dari bursa calon ketua Golkar. Airlangga melenggang ke periode keduanya.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyebut ada tradisi bagi yang ingin menjadi ketua Golkar harus punya uang dan restu dari Istana. Untuk uang, baik Airlangga maupun Bamsoet memiliki modal yang cukup untuk maju. Hanya saja dalam hal restu Istana, Airlangga terbukti lebih lihai dari Bamsoet.

Baca juga: Pemkab Mesuji Gelar Rembuk Stunting Gebermas Lampung Berjaya Indonesia Jaya 2023

Jelang wacana ikut Pilpres 2024, kabar dugaan skandal perselingkuhan Airlangga dengan Rifa Handayani. Bahkan, sang wanita sempat melaporkannya Air Langga dan istrinya atas tuduhan ancaman dan intimidasi yang dilakukan melalui meria sosial ke Mabes Polri, Selasa (14/12/2021).

Rifa sempat ngotot agar Airlangga bertanggung jawab secara hukum lantaran telah mengancam keselamatan dirinya dan harga diri keluarga. Rifa mengatakan, dirinya tidak akan mundur ataupun berdamai dengan AH karena dirinya dan sang suami sakit hati telah dituduh memeras melalui surat somasi.

Bukan Airlangga jika tak lolos batu sandungan yang satu ini. Pasti, dengan kelihaiannya, masalah yang bisa menghancurkan karir politiknya itu lambat laut hilang hingga tak terdengar lagi hingga kini. Meminjam kembali istilahnya,"Itulah pemain Partai Golkar."

Bagaimana dengan Arinal, ketua Golkar Lampung? Kelihaiannya diuji jelang Pemilu 2024. Setelah perjalanannya amanahnya diwarnai banyak dinamika, marah-marah dengan wartawan hingga menteri, jika memang lihai, kita lihat masihkan tetap didukung Purwanti Lee menjemput periode kedua nanti?

* Jurnalis.

Berita Terkini