Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam 1446 H

Sabtu, 6 Juli 2024 15:58
Rin
Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam 1446 H Unsplash / Imad Alassiry

HELOINDONESIA.COM - Simak informasi doa akhir dan awal tahun baru Islam lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

Tak lama lagi, umat Islam akan memasuki tahun baru dalam kalender Hijriah, yakni tahun 1445 Hijriah yang akan segera berakhir dan berganti menjadi 1446 Hijriah.

Dalam pergantian tahun ini, seluruh umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa demi memperoleh kebaikan di tahun yang akan datang.

Berdasarkan kalender Hijriyah Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah atau 1 Muharram jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Baca juga: 3 Amalan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah

Dengan demikian, pergantian tahun dimulai sejak waktu Maghrib pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Doa akhir tahun Islam dapat dipanjatkan selepas Magrib sebagai bentuk rasa syukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah SWT selama satu tahun.

Setelah masuk waktu Maghrib atau Tahun Baru Islam 1 Muharram, doa awal tahun dapat dipanjatkan.

Baca juga: 11 Weton Tulang Wangi yang Perlu Waspada di Malam 1 Suro Menurut Primbon Jawa

Meski tidak ada dalil khusus yang mengatur tentang doa akhir dan awal tahun, terdapat doa-doa yang bisa dibaca untuk menutup dan memulai tahun Hijriah.

Doa Akhir Tahun Baru Islam 1446 H

Dianjurkan oleh Rasulullah SAW, doa akhir tahun dibaca sebanyak tiga kali sebelum waktu Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

[Arab]

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ


[Latin]

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilattaubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim.

[Artinya]

"Ya Allah, segala perbuatan yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau larang dan aku belum bertaubat darinya, sementara Engkau masih bersabar terhadapku dengan karunia-Mu padahal Engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah aku berani berbuat maksiat kepada-Mu, maka aku memohon ampunan-Mu, ampunilah aku. Dan segala perbuatan yang aku lakukan tahun ini yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala atasnya, aku memohon kepada-Mu untuk menerimanya dariku. Janganlah Engkau memutuskan harapanku kepada-Mu, wahai Yang Maha Mulia."

Baca juga: 15 Contoh Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Cocok untuk Dishare di Medsos

Doa Awal Tahun Baru Hijriah 1446 H

Memasuki awal tahun, ada doa yang dapat dipanjatkan dengan harapan memperoleh anugerah dan kemurahan Allah SWT pada tahun berikutnya. Doa ini dapat dibaca begitu masuk pergantian tahun dan sebanyak tiga kali.

[Arab]


اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

[Latin]

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikrâm.

[Artinya]


"Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dengan karunia dan kemurahan-Mu yang besar, Engkau adalah harapanku yang teguh. Ketika memasuki tahun baru ini, aku memohon perlindungan dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya. Aku juga memohon pertolongan-Mu untuk menaklukkan hawa nafsu yang sering menggoda untuk berbuat jahat. Aku memohon petunjuk dari-Mu agar setiap aktivitasku sehari-hari dapat mendekatkan diriku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia."

Berita Terkini