Helo Indonesia

Benar kah Larangan Potong Kuku Sebelum Idul Adha 2024? Simak Penjelasannya

Rin - Lain-lain
Minggu, 16 Juni 2024 20:42
    Bagikan  
Gunting Kuku
Pixaby / Saul

Gunting Kuku - Menjelang Hari Raya Idul Adha, terdapat sebuah anjuran bagi umat Islam yang ingin berkurban untuk menahan diri dari memotong kuku dan rambut sejak tanggal 10 Dzulhijjah hingga hewan kurban disembelih.

HELOINDONESIA.COM - Hari Raya Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Haji atau Kurban, semakin dekat. Umat Muslim di seluruh dunia mulai merasakan semangat menyambut hari besar ini.

Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriyah, dan tahun ini jatuh pada 17 Juni 2024.

Hari Raya Qurban identik dengan anjuran untuk berkurban bagi mereka yang memiliki rezeki lebih. Tradisi ini menjadi kesempatan untuk berbagi dengan keluarga, tetangga, sahabat, dan kaum dhuafa.

Bagi yang berencana untuk berkurban, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kesempurnaan ibadah ini.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, terdapat sebuah anjuran bagi umat Islam yang ingin berkurban untuk menahan diri dari memotong kuku dan rambut sejak tanggal 10 Dzulhijjah hingga hewan kurban disembelih.

Baca juga: Niat dan Tata Cara Mandi Idul Adha, Lakukan di Pagi Hari Sebelum Berangkat Salat

Hukum memotong kuku dasarnya sunnah

Aisyah RA berkata, "Sepuluh dikira sebagai fitrah (sunnah), yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersuci, memasukkan air ke dalam hidung, memotong kuku, membasuh sendi-sendi, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu ari-ari, bersuci dengan air (beristinja), dan berkumur." (HR Muslim).

Larangan memotong kuku sebelum Idul Adha didasarkan pada sebuah riwayat dari Ummu Salamah RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا دَخَلَ العَشْرُ وَاَرَادَ اَحَدُكُمْ أنْ يُضَعِيفَ يَأخُذُ مِنْ شَعَرِهِ وَلَا مِنْ أَظافِرِهِ حَتَّى يُضَ فلا

Artinya: "Jika telah masuk hari ke-10 dalam bulan Dzulhijjah dan salah seorang dari kamu hendak berkurban, janganlah dia memotong rambut atau kuku sebelum selesai menyembelih." (HR Muslim)

Baca juga: Bacaan Niat Mandi Besar Sebelum Sholat Idul Adha 2024 Lengkap dengan Tata Caranya

Para ulama menjelaskan bahwa anjuran ini bertujuan untuk menyimbolkan keterikatan dan persiapan ruhani sebelum melaksanakan kurban. Dengan tidak memotong rambut dan kuku, seorang Muslim diingatkan akan pentingnya kesucian diri dan kesungguhan dalam beribadah.

Semoga informasi ini menjadi pengingat bagi umat Islam agar dapat menjalankan sunnah Rasulullah SAW dengan sebaik-baiknya.

Selamat menyambut bulan suci Dzulhijjah dan semoga ibadah kurban tahun ini membawa berkah bagi kita semua.