Helo Indonesia

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Idul Adha 2024, Salah Satunya Menghapus Dosa

Faisal Akbar - Lain-lain
Selasa, 11 Juni 2024 19:07
    Bagikan  
Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah
freepik/8photo

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah - Menjelang puasa Idul Adha 2024 dianjurkan untuk berpuasa atau ibadah haji bagi yang mampu. Berikut keistimewaan puasa menjelang Idul Adha.

HELOINDONESIA.COM - Keutamaan puasa Tawriyah dan Arafah menjelang Idul Adha, tepatnya 17 Juni 2024, salah satunya menghapus dosa.

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan umat Islam yang menjalani wukuf di Padang Arafah.

Sementara puasa Tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah, berikut beberapa keistimewaannya.

Keistimewaan Puasa Tawriyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah

Baca Juga : Jadwal Tanggal Merah dan Cuti Bersama Idul Adha 2024, Menurut Kemenag

Dilansir HELOINDONESIA.COM dari situs NU Online, keistimewaan puasa Tarwiyah didasarkan pada hadits yang berbunyi.

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين

Artinya, "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun," (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu Najar).

Namun, hadits tersebut dapat dikatakan sebagai hadits yang dha'if (kurang kuat riwayatnya), tapi ulama memperbolehkan mengamalkan hadits ini.

Sebab, hadits dha'if satu ini berdasarkan pada kerangka fadla 'ilul a'mal, yang artinya hadits tersebut tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Baca Juga : Bolehkah Puasa Sunnah Idul Adha Digabung dengan Puasa Qadha Ramadhan?

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari itu menjelaskan bahwa hari-hari sepersepuluh pada bulan Dzulhijjah adalah hari yang istimewa.

يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah."

Para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah?" Sabda Rasulullah, "Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki-

yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa." (Hadits Riwayat Bukhari).

Baca Juga : Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Puasa Arafah

Dilansir dari NU Online, keistimewaan berpuasa hari Arafah didasarkan pada hadits riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Daud dari Abi Qotadah.

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

"Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat."

Kesimpulannya, puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Adha. (sal)