Helo Indonesia

Waspada Jelantang si Daun Berbisa, Begini Cara Mengobatinya Bila Terkena

Malda - Lain-lain
Minggu, 2 Juni 2024 10:39
    Bagikan  
Tangkapan Layar
Youtube Trans7

Tangkapan Layar - Daun Jelantang atau Jancukan

HELOINDONESIA.COM - Saat mendaki ke hutan memang kita harus selalu waspada selain karena ada hewas buas, kita juga harus mewaspadai tumbuhan-tumbuhannya. salah satunya dinamakam di Jelantang atau disebut juga Jancukan.

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Gardenia Palmata, sementara untuk nama latinya adalah Urtica Dioica yang berasal dari kata Uro yang artinya membakar. Untuk bahasa inggrisnya sendiri disebut Stingging Nettle.

Kenapa daun Jelantang alias Jancukan dikatakan memiliki 'bisa' ?, bisa disini bukan seperti yang terdapat dalam taring ular, itu hanya perumpamaan saja.

Daun Jelantang atau Jancukan ini memiliki banyak sekali bulu-bulu duri halus beracun di kelopak daunya. Jangan menyepelekan duri tersebut meskipun kecil dan hampir tak kasat mata, duri-duri halus tersebut memiliki racun yang sungguh hebat.

Baca juga: Apa Itu Kerja Remote ? Sistem Kerja yang Menguntungkan Karyawan dan Perusahaan ?

Jika terpoles saja oleh daun ini bisa menyebabkan gatal, kemerahan dan pembengkakan, ada juga yang mengibaratkan seperti terkena sengatan ribuan lebah.

Lantas bagaimana cara mengobatinya jika tidak sengaja kita terpoles daun ini ? Ada beberapa langkah cepat yang bisa kalian segera lakukan ketika terkena duri Jelantang yaitu

  • Segera siram bagian yang terkena dengan air sabun atau air hangat
  • Jangan gosok, garuk, sentuh bagian yang terkontaminasi
  • Berendam atau bisa memggunakan larutan astrigen
  • Kompres air dingin
  • Gunakan produk salep antigatal dan ruam

Jika kondisi semakin memburuk segeralah pergi ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: UFC 302 : Islam Makhachev vs Dustin Poirier, Bisakah Islam Pertahankan Gelar ? Tonton Disini Berikut Link Live Streaming nya